Selasa 14 Apr 2015 13:03 WIB

Waspada di Balik Lezatnya Masakan Cina

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Banyaknya kandungan minyak di makanan Cina membuat lemak dan kolesterol menumpuk
Foto: Allwomenstalk
Banyaknya kandungan minyak di makanan Cina membuat lemak dan kolesterol menumpuk

REPUBLIKA.CO.ID, CINA -- Siapa yang tidak suka makanan Cina? Setiap negara pasti selalu menyediakan masakan asal negeri tirai bambu tersebut. Namun, dalam memilih makanan tentunya kita harus bisa membedakan makanan yang baik dan jahat untuk tubuh kita.

Dikutip dari Allwomenstalk, Selasa (14/4), makanan dengan kandungan lemak, kalori, garam dan gula harus diwaspadai. Tak terkecuali dengan masakan-masakan yang sebenarnya lezat dari Cina. Ada banyak sumber garam dan lemak yang akan ditemukan dalam makanan Cina.

Kecap

Kecap adalah bahan pelengkap makanan yang memiliki nol lemak. Namun, kandungan garam di dalamnya cukup tinggi. Makanan pembuka Cina banyak menggunakan kecap dalam jumlah besar. Terlalu banyak natrium yang terdapat pada garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Minyak

Jika anda pernah melihat masakan Cina dimasak, pasti minyaknya terlihat berkilauan. Di Cina, nasi goreng biasanya dimasak dalam minyak yang banyak. Daging di makanan Anda juga dipanggang atau digoreng dengan minyak sebelum digabungkan dengan bahan lain. Intinya bahwa ada penggunaan lebih banyak minyak dalam makanan Anda yang harus diwaspadai.

MSG

Zat ini digunakam untuk meningkatkan cita rasa dalam makanan, termasuk hidangan Cina. Lebih baik Anda menghindari makanan yang mengandung MSG. Terlebih dengan makanan yang sudah diberi garam dan ditambah MSG, maka kadar natriumnya akan meroket tajam. Tentu ini membahayakan kesehatan

kita.

Lemak Daging

Biasanya makanan Cina mengandung daging yang berlemak. Daging babi yang sering digunakan dalam hidangannya memiliki kadar lemak yang tinggi dibandingkan ayam. Lemak ini dapat memicu obesitas pada penggemarnya yang terlalu sering mengkonsumsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement