Ahad 15 Mar 2015 20:02 WIB

Sentuhan Modern di Komik 'The Grand Legend Ramayana'

Karakter The Grand Legend Ramayana di komik re:ON
Foto: ist
Karakter The Grand Legend Ramayana di komik re:ON

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah epik Ramayana merupakan cerita epos dari India yang terdapat pula dalam khazanah sastra Jawa. Tak ayal cerita ini digemari oleh banyak kalangan. 

Sejumlah medium juga banyak yang mengangkat cerita tersebut, mulai dari film, novel maupun teater. Tidak ketinggalan dalam bentuk komik. 

Salah satunya adalah The Grand Legend Ramayana (GLR) karya komikus Is Yuniarto. Komik fiksi fantasi yang terinspirasi oleh kisah petualangan Rama bersama Shinta melawan Rahwana itu kini telah tayang hingga 11 chapter di majalah kompilasi komik re:ON. Dan chapter 12-nya akan segera terbit akhir bulan ini.

Yudha Negara Nyoman, salah seorang pendiri re:ON Comics mengatakan, pihaknya sengaja memilih komik karya Is Yuniarto itu selain untuk mengakomodir minat penggemar kisah Ramayana, sekaligus juga menjaring minat para pembaca muda yang belum mengenal apa itu Ramayana.

“Dulu di tahun 70-an pernah ada komik Ramayana karangan almarhum Bapak R. A. Kosasih. Namun seiring berjalannya waktu, kami merasa perlu untuk memperkenalkan kembali kisah Ramayana ini ke pembaca muda saat ini, ” kata Yudha. 

Menurutnya, penceritaan komik GLR di re:ON Comics dikisahkan dengan cita rasa modern agar lebih mudah diterima oleh pembaca jaman sekarang. 

Salah satu contohnya adalah Rama yang menggunakan sepasang pistol sebagai senjata. Bahkan Rahwana mengenakan jas panjang agar tampak lebih berwibawa. Dan Shinta di GLR ini digambarkan sebagai seorang gadis yang mampu bertarung serta membawa bazooka sebagai senjata utamanya.

“Is Yuniarto memang komikus yang paling pas untuk komik Ramayana karena sejak dulu passion-nya memang di cerita perwayangan. Selain itu, style gambarnya memiliki ciri khas tersendiri dan ia juga memiliki banyak penggemar,” sambung Yudha.

Selain dalam bentuk komik, GLR ini juga memiliki cosplay atau pemeran kostumnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement