Kamis 19 Apr 2018 18:11 WIB

Wayang untuk Avengers

Infinity War adalah film pahlawan super terbesar sepanjang Marvel Cinematic Universe

Film Avengers: Infinity War.
Foto: dok Marvel Studios
Film Avengers: Infinity War.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Para penggemar Marvel di Indonesia unjuk kreativitas menyambut penayangan film Avengers: Infinity War. Salah satunya adalah ilustrator dan seniman komik, Is Yuniarto.

Is membuat kreasi wayang kulit yang terinspirasi dari tokoh Doctor Strange, Nebula, serta poster Avengers: Infinity War yang diberi nama Ananta Yudha. Karya uniknya ini membuat Is terbang ke Singapura untuk bertemu dengan para pemeran dan sutradara film itu.

Momen ini, kata Is, merupakan perayaan yang begitu besar baginya sebagai penggemar Marvel dan juga seorang seniman. "Ini akan selalu terkenang dalam hidup saya," kata Is saat konferensi video bersama awak media di XXI Plaza Senayan Jakarta, Senin (16/4).

Dia memberikan karya itu kepada Benedict Cumberbatch (pemeran Doctor Strange), Karen Gillan (pemeran Nebula), serta sutradara Avengers: Infinity War Joe Russo.

Di hadapan ketiganya di Singapura, Is menjelaskan, wayang kulit adalah salah satu jenis seni yang paling berharga di Indonesia dan diakui oleh UNESCO. "Saya harap melalui acara hari ini, karya saya dapat Iebih jauh mengenalkan seni asal Indonesia ke ranah global," ujar Is.

Film Avengers: Infinity War bisa jadi merupakan film pahlawan super terbesar sepanjang Marvel Cinematic Universe (MCU) dalam satu dekade terakhir. Bagaimana tidak, film yang disutradarai duo bersaudara Anthony dan Joe Russo ini mengumpulkan seluruh karakter dalam film Marvel selama ini.

Mulai dari Captain America, Iron Man, Spiderman, Hulk, dan semua karakter dalam film Guardian of the Galaxy. Menurut Joe Russo, mengumpulkan semua pemain dalam satu set bukan perkara mudah.

Pasalnya, semua pemain dalam film yang dirilis pada 25 April 2018 ini merupakan bintang top Hollywood. "Mencoba mengumpulkan mereka bersama dalam satu set itu seperti merangkai puzzle," ujarnya.

Menurut Joe, film ini memiliki keunikan. Sebab, ini adalah eksperimen pertama MCU dalam satu dekade untuk mengombinasikan film-film tersukses mereka.

Mereka merasa tertantang mengemas seluruh film tanpa menimbulkan pertanyaan dari penonton. "Kami bersemangat, dari semua fan di dunia untuk melihat semua karakter dalam satu film untuk pertama kalinya," kata Joe.

Pemeran Doctor Strange, Benedict Cumber batch, merasa terintimidasi berada di antara pahlawan super lainya. Apalagi, dia terbilang baru sekali bergabung dalam Avengers. "Setiap karakter dan membutuhkan kerja keras bagaimana memulainya dan mengakhirinya," ujar Cumberbatch.

Menurut dia, bagian terbesar dari proses pembuatan film, yaitu berkolaborasi dengan semua pemain. Tidak ada karakter yang lebih baik dari lainnya.

Oleh karena itu, dia menilai, penting untuk mendapatkan umpan balik, motivasi, dan tampil lebih baik. "Ini keseimbangan antara penyatuan karakter, saya pikir (film) ini masih lucu dan tak terlalu serius, menyenangkan bekerja bersama dalam film ini," kata dia. n eko supriyadi ed: qommarria rostanti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement