Rabu 04 Mar 2015 10:02 WIB

Tujuh Pelajaran Hidup untuk Anak

Ibu bercanda dengan anaknya.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ibu bercanda dengan anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Orang tua harus mengajarkan pelajaran hidup kepada anak. Pelajaran hidup ini merupakan pengalaman pribadi yang pernah dialami orang tua.

Jika Anda ingin mengajarkan tentang kehidupan, Anda harus mulai sejak mereka anak-anak. Inilah beberapa pelajaran hidup yang penting diajarkan kepada anak, dilansir dari www.parentsindonesia.com.

Menghormati orang lebih tua

Ini adalah salah satu pelajaran paling penting dalam hidup. Mengajar anak-anak untuk menghormati orang lebih tua akan membuat mereka berperilaku baik. Perilaku anak Anda akan mencerminkan apa yang telah Anda ajarkan kepada mereka.

Kejujuran

Anda mungkin telah mendengar "Kejujuran adalah kebijakan terbaik". Jika Anda tidak mengajari kejujuran masa depan anak bisa tidak baik. Sifat jujur akan tertanam pada anak sampai mereka dewasa.

Kegagalan adalah bagian dari hidup

Anak-anak harus diajarkan bahwa mereka pasti akan merasakan kegagalan pada beberapa titik kehidupan. Tapi banyak orang tua justru resah jika anak mereka mengalami kegagalan. Baik itu dalam hal pendidikan, olahraga atau kegiatan lain.

Buatlah anak Anda bisa menerima kegagalan yang merupakan bagian dari kehidupan. Kegagalan adalah kunci keberhasilan, demikian kata-orang-orang yang sudah sukses. Jadikan kegagalan sebagai motivasi anak untuk bekerja lebih keras dan supaya mental lebih kuat.

Empati

Anak harus diajarkan untuk tidak berpikir tentang diri mereka sendiri, tetapi juga memikiran orang lain. Jangan lupa menekankan kalimat seperti ini,  jika kamu egois, kamu akan sendirian dan tidak akan mendapatkan bantuan dari orang lain. Pelajaran empati ini akan membuat mereka menjadi orang yang dermawan sampai mereka dewasa.

Berbagi adalah peduli

Anak-anak harus diajarkan untuk selalu menawarkan makanan, mainan dan lain-lain kepada siapapun yang ada di sekitar mereka. Hal ini akan membuat mereka sebagai individu sosial yang aktif karena mereka telah memelajari cara berbaur dengan orang lain.

Kerja Keras

Kemalasan saat kecil membuat anak menjadi pemalas saat dewasa. Anak tidak boleh dimanjakan untuk semua hal. Buat mereka lebih bertanggung jawab pada hal-hal yang mereka lakukan dalam hidup. Memanjakan baik untuk beberapa hal. Tapi memanjakan berlebihan hanya akan membuat mereka malas.

Sopan di tempat umum

Anak harus diajarkan untuk berperilaku baik di depan umum dan menahan diri dari berteriak dan membuat tindakan yang tidak perlu. Jika anak bisa berperilaku baik di tempat umum Ini akan membuktikan bahwa mereka telah dilatih dengan baik dari orangtua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement