Jumat 14 Jul 2017 09:20 WIB

Studi Sebut Anak Keras Kepala Lebih Sukses Kariernya

Rep: DWINA AGUSTIN/ Red: Indira Rezkisari
Anak keras kepala terbukti lebih berhasil di kemudian hari.
Foto: Flickr
Anak keras kepala terbukti lebih berhasil di kemudian hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda memiliki anak yang keras kepala? Jangan dulu risau, menurut penelitian anak keras kepala justru memiliki peluang sukses cukup besar ketika dewasa.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan anak-anak yang keras kepala sering kali menjadi sukses ketika menjadi orang dewasa. Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Developmental Psychology.

Dalam studi yang dilakukan, melibatkan lebih dari 700 anak-anak dari sekitar usia 9 sampai 40 tahun. Peneliti mencoba mencari ciri-ciri kepribadian seperti ketekunan, hak, pembelaan dan kecenderungan untuk melanggar peraturan, di samping lajur gaji mereka.

Melalui penelitian tersebut, ditemukan jika anak-anak yang mengabaikan peraturan tidak selalu berarti buruk. Justru orangtua dengan anak keras kepala sering kali mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Melihat hasil tersebut, peneliti melihat jika anak-anak keras kepala pun bisa saja mengantar pada kesuksesan. Namun, studi tersebut tidak memperhitungkan jalur karier atau pilihan hidup yang mungkin mempengaruhi pendapatan atau pilihan profesi, dikutip dari Indy100.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement