Ahad 01 Mar 2015 11:38 WIB

Alasan Anda Harus Berani Lakukan Solo Traveling

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Travelling (Ilustrasi)
Foto: News
Travelling (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang takut bepergian sendiri ke berbagai destinasi menarik karena mereka tidak tahu betapa indahnya melakukan solo travelling.

Mungkin Anda berpikir kurang aman mengunjungi negara-negara baru seorang diri, tapi semua itu bergantung tempat apa yang Anda kunjungi dan sejauh mana tingkat kewaspadaan Anda.

Ketika bepergian seorang diri, Anda lebih mungkin memiliki teman-teman baru, belajar lebih banyak tentang budaya berbeda, dan menemukan jati diri sendiri.

Kesempatan Anda akan lebih banyak berinteraksi dengan penduduk lokal, sebab Anda tak bisa menghabiskan seorang diri sepanjang waktu. Anda juga bebas melakukan apapun yang Anda inginkan. Mulailah rencanakan solo travelling Anda sekarang, sebab banyak manfaatnya, dilansir dari Womanitely, Jumat (27/2).

Membuat anggaran perjalanan sendiri

Meskipun banyak orang percaya bahwa solo travelling jauh lebih mahal ketimbang berdua atau bertiga, namun jika Anda pintar, Anda bisa lebih hemat jika tahu aturannya. Misalnya, ketika mengunjungi tempat berbelanja, Anda cenderung menghabiskan uang lebih sedikit tanpa harus terpengaruh dengan gaya belanja teman seperjalanan. Anda bisa menginap di asrama atau penginapan-penginapan kelas ekonomi. Pilihlah destinasi yang akan Anda kunjungi dan jangan takut bepergian sendiri. Hanya ingat, keselamatan pertama!

Pergi kapan pun diinginkan

Banyak orang yang tak bisa mengunjungi begitu banyak tempat-tempat indah sebab teman-teman seperjalanan mereka berubah pikiran. Pertama kali bepergian sendiri, Anda mungkin agak takut pencopet, hambatan bahasa, dan takut kesepian. Namun, banyak orang yang melakukan solo travelling justru berkomentar fantastis dan menyenangkan.

Pilih kemana pun tujuan yang diinginkan

Kadang sulit untuk memilih destinasi karena teman perjalanan Anda juga ingin mengunjungi tempat lain. Anda mungkin ingin mengunjungi Istanbul, tapi teman seperjalanan Anda lebih tertarik dengan London. Ketika Anda menjadi solo traveller, Anda bisa memilih kemana pun tujuan yang Anda inginkan. Ingin mengunjungi Madrid? Lviv? Bangkok? Tunggu apa lagi?

Bertindak sesuka hati

Ketika Anda melakukan solo travelling, tidak ada yang mengatur Anda apa yang harus dilakukan dan kemana harus pergi, kecuali buku panduan atau peta wisata. Anda bisa menghabiskan sepanjang hari dengan berjalan kaki mengitari kota, berbicara dengan penduduk setempat, mengunjungi galeri atau museum. Tidak ada teman yang mengeluh mereka bosan atau lelah. Anda bisa menghabiskan sepanjang malam dengan berlatih yoga atau tidur-tiduran di pantai. Anda bebas melakukan apa pun yang Anda suka dan tidak ada yang mengganggu Anda.

Bertemu teman baru

Melakukan perjalanan sendiri memberi kita kesempatan untuk bertemu banyak orang dari pelbagai belahan dunia. Anda bisa menjalin hubungan dengan teman-teman baru untuk membuat perjalanan lebih menarik dan menyenangkan. Memiliki teman dari pelbagai negara sangat bagus, bukan hanya Anda bisa belajar banyak fakta tentang kota-kota asal mereka, namun Anda juga berkesempatan mengunjungi lokasi-lokasi baru yang mereka rekomendasikan tentunya dengan pengeluaran yang lebih minimalis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement