Sabtu 07 Feb 2015 06:45 WIB

Pelesiran Sendiri? Siapa Takut!

Rep: MGROL32/ Red: Winda Destiana Putri
Travelling (Ilustrasi)
Foto: News
Travelling (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda hobi pelesiran? Biasanya Anda mengajak keluarga maupun teman untuk berpetualang bersama.

Namun, pasti sesekali Anda ingin merasakan pelesiran sendirian tanpa ada yang mengganggu, bebas kemana saja tanpa harus menunggu orang lain bersiap-siap untuk pergi.

Kerap kali Anda juga merasa takut kalau harus berjalan sendirian. Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips aman saat Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan seorang diri yang dilansir dari Totaltravel, Sabtu (7/2).

Sadar

Perhatian utama Anda pasti mengenai keamanan. Anda harus sadar saat berada di suatu tempat. Jangan membuat diri Anda terlihat jelas bahwa Anda adalah seorang wisatawan. Berpenampilan yang sederhana dan tidak mengenakan sesuatu yang dapat menarik perhatian orang banyak, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keamanan Anda.

Tetap berkomunikasi

Tinggalkan salinan dokumen perjalanan Anda, dan beritahu keluarga atau teman mengenai tempat dan tujuan Anda. Tetap berkomunikasi secara teratur melalui ponsel ataupun email.

Bersiaplah

Hindari tiba di bandara atau stasiun larut malam, karena itu akan menyulitkan Anda mencari tempat beristirahat dan keamanan pun tidak dapat terjamin. Pastikan jadwal ketibaan Anda di suatu lokasi sebelum larut malam.

Jadilah petualang

Buatlah diri Anda terbuka dengan pengalaman baru, ide, dan orang-orang yang baru Anda temui, tetapi tetaplah percaya kepada insting Anda. Hindari menelusuri lorong-lorong yang remang seorang sendiri.

Belajar bahasa setempat

Hal ini menjadi penting saat Anda melakukan pelesiran. Ada baiknya Anda mempelajari bahasa dan budaya daerah yang akan dikunjungi agar memudahkan untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat sehingga saat keadaan darurat Anda dapat meminta pertolongan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement