Jumat 22 May 2015 11:11 WIB

Ladies, Terapkan Tips Ini Jika Pelesiran Sendirian

Rep: MGROL38/ Red: Winda Destiana Putri
Solo Travelling
Foto: Dailymail
Solo Travelling

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liburan adalah kebutuhan hidup semua orang, tak terkecuali wanita. Tak peduli apakah wanita itu sudah memiliki pasangan atau belum, pelesiran membuat wanita lebih bergairah dalam menjalani hidup. Namun, bagaimana jika wanita harus mengambil risiko berwisata sendirian?

Penelitian terbaru dari 101 Holidays menunjukkan, dari 100.000 pemesanan tiket perjalanan, lebih dari sepertiganya merupakan perjalanan solo. Dan 58 persen dari jumlah itu didominasi oleh wanita.

Sedangkan survei lain dari Travelzoo pada bulan lalu juga menunjukkan, sebanyak 60 persen wanita menerima ide berwisata sendirian. Meski begitu, mereka tetap tidak berani untuk pergi sendirian karena mengkhawatirkan keselamatan pribadi.

Wanita memang rentan berpelesir sendirian. Namun jangan khawatir, pasalnya ada banyak tips dan trik yang dapat wanita terapkan ketika berwisata sendirian untuk memastikan mereka tetap aman. Dilansir Dailymail Jumat (22/5), berikut tips yang bisa Anda terapkan:

Naik taksi ketika berada di luar negeri

Beberapa waktu lalu, sopir taksi di India ditangkap setelah dituduh menganiaya seorang turis wanita Inggris. Aksi serupa memang rentan menimpa turis, terutama wanita. Namun, saran terbaik ketika menggunakan transportasi umum saat bepergian di luar negeri ialah hindari calo atau kendaraan lain yang tidak resmi.

Ketika Anda menggunakan taksi, segera catat nomor kendaraan serta tanda pengenal sopir. Pemenang blog wisata Breathedreamgo, Mariellen Ward juga menyarankan Anda untuk menelepon seseorang selama perjalanan dan memberitahu lokasi di mana Anda berada. Atau jika Anda tidak memperoleh sinyal komunikasi selama bepergian, Anda bisa berpura-pura menelepon seseorang.

Memilih penginapan

Sangat mudah menipu wisatawan dengan memasang gambar-gambar hotel yang terlihat aman, bersih nan mewah di website. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda perlu mengunjungi forum backpacking seperti Lonely Planet Thorntree untuk melihat apa yang orang lain katakan tentang akomodasi penginapan.

Selain itu, tempat menginap bagi wisatawan wanita sebaiknya di daerah kota. Meski sedikit mahal, setidaknya keamanan lebih terjamin daripada harus memilih penginapan yang murah, namun jaraknya jauh dari keramaian yang justru rentan terhadap keamanan Anda.

Pelajari lingkungan setempat

Tiap daerah memiliki budaya maupun kebiasaan yang berbeda-beda, karena itu disarankan bagi para wisatawan khususnya wanita untuk berperilaku atau berpakaian sesuai dengan kebiasaan penduduk setempat untuk menghindari perhatian yang mencolok. "Dan juga untuk menghindari pelecehan di negara-negara, dimana budayanya berbeda dengan budaya kita," ujar Julie Falconer, seorang blogger.

Bahkan, Julie juga menyarankan para wanita yang masih single untuk memakai cincin kawin palsu. "Aku sering melakukan pelesir sendirian dan hal buruk yang pernah terjadi adalah beberapa lamaran pernikahan dari laki-laki yang baru saja saya temui!" ujarnya.

Namun yang terpenting bagi wanita ketika berwisata sendirian ialah tidak minum terlalu banyak alkohol. Apalagi tidak ada rekan yang akan membantu jika Anda sampai mabuk berat. Menurut Julie, daripada berkeliaran sendirian, lebih baik Anda bergabung dengan kelompok tur. "Ini merupakan cara mudah untuk belajar banyak hal mengenai tempat yang Anda kunjungi dari penduduk lokal," tambahnya.

Menyewa mobil

Sekilas terlihat aman dan nyaman karena Anda dapat meletakkan barang-barang di mobil sewaan. Namun bukan berarti pencuri tidak dapat membobol mobil dan mencuri barang berharga Anda. Sebelum kehilangan barang berharga, lebih baik Anda menyimpan bawaan Anda secara kreatif. Bisa dengan menyimpannya di bawah tikar mobil, mainan, atau dengan asuransi perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement