Senin 23 Feb 2015 06:46 WIB

Kosmetika Bayi yang Aman (1)

Bayi mandi/ilustrasi
Foto: flickr
Bayi mandi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Orang tua disarankan bijak dalam memilih kosmetika bayi. Sebelum membeli pastikan kosmetika aman untuk tubuh bayi. Berikut ini panduan dalam memilih kosmetika yang aman untuk batita, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Sampo

Sampo untuk bayi tentunya dirancang sedemikian rupa melalui proses riset yang panjang. Kandungan bahan aktif di dalam sampo bayi diformulasikan agar tidak menimbulkan rasa pedih dan tidak menyebabkan iritasi jika mengenai mata, kulit kepala.

Rambut bayi memang tidak sekotor orang dewasa karena bayi belum banyak mengeluarkan keringat, oleh karena itu kandungan sampo bayi dibuat lebih lembut.

Anda boleh saja membasahi kepala bayi setiap kali memandikannya. Tapi tidak perlu dikeramasi setiap hari. Keramas 1-2 kali setiap minggu sudah cukup karena bayi tidak banyak berkeringat dan kulit kepalanya belum banyak mengeluarkan minyak seperti orang dewasa.

Sabun

Sabun jelas berguna untuk membersihkan segala macam kotoran yang melekat pada permukaan kulit. Seperti sabun orang dewasa, sabun bayi terdiri dari dua jenis, batang dan cair. Keduanya sama-sama mengandung deterjen.

Namun tak perlu khawatir, karena deterjennya berbeda dengan deterjen dalam bahan pencuci baju. Umumnya sabun cair mengandung bahan aktif lebih banyak sehingga lebih wangi dan mungkin berisiko menimbulkan reaksi pada kulit yang sensistif.

Saat memandikan bayi dengan sabun yang Anda pilih, gunakan sedikit saja. Jika bayi tidak mengalami reaksi apa-apa coba gunakan lebih banyak saat dimandikan selanjutnya. Tapi bila memang sabun tersebut tidak cocok dengan kulit bayi, reaksi minimal seperti warna kulit menjadi kemerahan bisa timbul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement