Sabtu 14 Feb 2015 18:41 WIB

Kiat Memberikan Makanan Padat Pada Bayi

Bayi sedang diberi makan/ilustrasi
Foto: ivillage
Bayi sedang diberi makan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kapan bayi boleh diberikan makanan padat? Makanan apa yang cocok diberikan untuk awal pemberian makanan padat? Temukan jawabanya di bawah ini, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Waktu yang tepat

Waktu terbaik memberikan makanan padat pada bayi sekitar usia 6 bulan. Boleh juga memberikan makanan pada pada usia 4 bulan. Pada usia antara 4 sampai 6 bulan kebanyakan bayi sudah memiliki memiliki kontrol kepala yang baik serta keterampilan motorik yang diperlukan untuk menelan.

Mengetahui tanda-tandanya

Selain dari usia bayi, indikator terbaik bahwa si kecil siap diberikan makanan padat adalah ketika dia terpesona melihat Anda makan. Jika dia sudah terpesona berarti si kecil siap diberikan makanan padat.

Rencanakan menu makan

Mulai beri makanan padat pada bayi dengan puree buah, sayuran, dan sereal yang diperkaya zat besi. Baiknya campurkan puree dengan ASI atau susu formula.

Terus menawarkan susu

Dalam beberapa bulan pertama beri si kecil makanan padat dua atau tiga kali sehari. Tentunya dibarengi dengan pemberian ASI atau susu formula. Saat bayi sudah berusia 7 bulan atau lebih berikan porsi makanan padat lebih banyak.

Tahu kapan dia kenyang

Jika bayi Anda mulai memalingkan wajahnya sendok atau melepehkan makanan berarti dia telah selesai makan.

Bersabar

Beberapa bayi mungkin menolak makanan padat pada awalnya. Tapi Anda harus terus menawarkannya sampai mereka terbiasa dengan sumber nutrisi baru. Itu berarti Anda juga harus ekstra sabar.

Waspada alergi

Waspada pada makanan penyebab alergi seperti telur atau gandum. Tidak perlu ragu menawarkan makanan tersebut, tetapi waspada terhadap gejala alergi seperi gatal-gatal, pembengkakan wajah, sulit bernapas, muntah, atau diare. Hubungi dokter Anda jika Anda melihat gejala-gejala tersebut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement