Rabu 11 Feb 2015 15:12 WIB

Elly Risman: Orang Tua Adalah Baby Sitter-nya Allah

Rep: C13/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anak/ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ibu dan anak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anak adalah amanah dan titipan yang diberikan Allah SWT kepada para orang tua. Menurut psikolog keluarga, Elly Risman, anak dilahirkan ke dunia sebagai pemenang.

Para malaikat kecil itu telah melalui pertarungan di antara ribuan sperma untuk menjadi pemenang dan menguasai satu indung telur di rahim sang ibu. Pada akhirnya, mereka pun lahir ke dunia ini dengan selamat dan sehat wal afiat.

Sebagai titipan, manusia yang bertanggungjawab yakni orang tua memiliki tugas untuk mengurus, membimbing dan membina para titipan Sang Illahi tersebut. “Dengan kata lain, orangtua adalah baby sitter-nya Allah SWT,” ungkap Elly.

Alasan penggunaan kata baby sitter itu karena pada hakikatnya tugas orang tua itu mengasuh anak-anaknya. Elly pun mengatakan, sangat disayangkan jika para orang tua memberikan peran asuhnya kepada pembantu atau neneknya. Karena, tidak ada alasan apapun yang menjadikan orang tua melepaskan tanggungjawabnya itu.

Orang tua merupakan pihak yang berperan penting dalam membangun karakter sang anak. Dukungan dan perhatian dari sang ayah dan ibu sangat berharga bagi anak. Apalagi, mengingat cobaan dan godaan berat di zaman sekarang yang terus menggempur para generasi penerus bangsa. Pada masa seperti inilah, Elly menilai, peran orang tua seharusnya dijalankan dengan semestinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement