Rabu 04 Feb 2015 10:37 WIB

Hentikan Kolik Bayi dengan 5M

Bayi yang kolik akan menangis berlebihan dan tidak bisa dihentikan hanya dengan dihibur.
Foto: Wikipedia
Bayi yang kolik akan menangis berlebihan dan tidak bisa dihentikan hanya dengan dihibur.

REPUBLIKA.CO.ID, Bayi yang super rewel biasanya langsung didiagnosis mengalami kolik oleh dokter. Kolik sendiri berarti rasa nyeri yang amat sangat yang hilang dan timbul di daerah usus atau sekitarnya. Namun masyarakat umum lebih mengenalnya dengan rewel yang berlebihan.

Daripada memusingkan arti kolik, ada baiknya Anda mengetahui cara meredakan bayi yang rewel berlebihan. Dikutip dari www.parentsindonesia.com, lima cara yang bisa Anda gunakan. Jika satu cara tidak berhasil, Anda bisa gunakan kelima cara ini sekaligus. Selamat mencoba.

Membedong

Membedong atau bungkus lengan bayi dengan erat dan rapat di samping tubuhnya. Tapi biarkan bagian kaki tetap terbuka dan bebas sehingga bagian pahanya masih memiliki ruang untuk bergerak.

Membaringkan

Membaringkan miring Lebih mudah menenangkan bayi ketika kita membaringkannya miring atau bertumpu pada perutnya (catatan: jangan biarkan mereka tidur dalam posisi ini)

Membisikkan

Membisikkan “sssshh…” Awalnya mulailah menghiburnya dengan volume yang sama dengan tangisannya. Rahim ibu memiliki kebisingan yang konstan, malahan bisa lebih keras daripada bunyi penyedot debu.

Suasana bising yang mirip dengan suasana dalam kandungan bisa membantu bayi tidur lebih lama, bahkan di masa bayi sedang tumbuh gigi atau growth spurt (masa ketika bayi minum susu lebih rakus dari biasanya). Bisikanlah “ssshh…” dengan nada konstan sampai si kecil berusia antara 8 sampai 12 bulan.

Mengayun

Mengayun-ayun gerakan pelan dan lembut dapat menenangkan bayi. Tapi untuk menghentikan jeritan yang hebat, gerakan ayunan yang Anda lakukan pun harus cepat. Tapi jaga agar getarannya jangan agresif atau mengguncang.

Apabila Anda terlanjur frustasi menghadapi tangisannya, letakkan bayi dan beri waktu senggang untuk diri Anda sendiri. Jangan pernah mengguncang bayi, dan juga ingatkan siapapun yang mungkin ikut mengasuhnya untuk jangan mengguncang tubuh si kecil.

Mengisap

Bagi sebagian besar bayi, menyusu atau mengempeng adalah kunci untuk menggiringnya supaya lebih tenang.

Catatan, setiap bayi memiliki karakter yang berbeda-beda. Beberapa bayi butuh dibedong atau dibisiki, sementara yang lainnya justru tidak kunjung tenang sampai mengayunkannya. Untuk bayi yang super rewel mungkin perlu menerapkan ke lima cara tersebut secara bersamaan. Tentunya dengan usaha yang cukup gigih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement