Sabtu 31 Jan 2015 17:48 WIB

Kapan Si Kecil Bisa Ikut Kursus Berenang?

Anak belajar berenang/ilustrasi
Foto: flickr
Anak belajar berenang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Berenang perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Namun kapan waktu yang tepat membawanya ke kelas berenang pertamanya. Ikuti penjelasan berikut ini, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Anda memang belum tentu bisa membuat anak menjadi Richard Sambera selanjutnya. Anda tapi bisa mengikutkan anak pada kelas berenang untuk bayi dan orang tua.

Saat berenang pastikan Anda selalu berada di dalam kolam renang bersamanya, memegangnya setiap saat. Usir keinginan ingin melihat apakah dia secara insting bisa berenang atau mengapung sendiri, dan jangan terlalu tinggi menilai perlindungan baju renang yang bisa mengapung.

Anda tidak boleh mengajarkannya gerakan apapun sampai dia paling tidak berusia setahun. American Academy of Pediatrics menyarankan untuk mengikutkan batita dan balita dalam kelas renang, karena riset menunjukkan anak akan memiliki kemungkinan kecil tenggelam jika mereka memiliki instruksi berenang formal.

 

Juga ambil langkah berjaga-jaga untuk memastikan si kecil tidak merangkak ke kolam renang saat Anda tidak sedang memerhatikannya, kata Jeffrey Weiss, MD, dokter anak di Phoenix Children’s Hospital di Arizona.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement