Selasa 28 Aug 2018 07:15 WIB

Femonena Ortu Bahayakan Nyawa Anak di Kolam Renang Meningkat

Jerman mencatat kebanyakan ortu menatap layar ponselnya saat anaknya berenang.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Anak berenang
Foto: pixabay
Anak berenang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkutat dengan ponsel kerap membuat orang tua kehilangan fokus dan perhatian terhadap sang anak. Dalam beberapa kasus,  orang tua yang sibuk dengan ponselnya sampai membahayakan nyawa anak saat bermain di kolam renang.

Menunggu anak bermain di kolam renang terkadang membuat beberapa orang tua bosan. Untuk mengisi waktu luangnya, maka ponsel menjadi penyelamat. Padahal, itu sangat berbahaya untuk nyawa anak.

Menggunakan ponsel ketika anak berenang sangat membahayakan karena menghilangkan perhatian. Masalah ini pun telah menjadi perhatian serius bagi orang Jerman.

Lebih dari 300 orang telah tenggelam di Jerman sejauh tahun ini. Pihak berwenang telah menempatkan sorotan pada ponsel atau gawai cerdas.

“Semakin banyak, orang tua melihat smartphone mereka dan tidak lagi ke kiri atau kanan dan tentu saja tidak untuk anak-anak mereka,” kata Federasi Pengawas Kolam Renang Jerman Peter Harzheim, dikutip dari Independent.

Harzheim melihat fenomena di Jerman yang memperlihatkan kelakukan orang tua yang tidak memperhatikan anak-anaknya di kolam renang. Dia pun menyatakan, hampir setengah dari murid sekolah tahun kelima di Jerman tidak bisa berenang dengan aman atau sama sekali.

Asosiasi Penyelamat Jerman Achim Wiese menyatakan, hubungan penggunaan teknologi dengan anak-anak masuk ke dalam bahaya saat berenang atau bermain di air. Kebanyakan orang tua menatap layar, padahal sebaiknya memberikan perhatian untuk menjaga keamanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement