Rabu 28 Jan 2015 16:54 WIB

Secangkir Coklat Panas Tingkatkan Kekuatan Otak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Coklat panas
Foto: Flickr
Coklat panas

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu minuman paling populer saat musim dingin adalah coklat panas. Minuman ini selain enak dan bisa menghangatkan badan, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

Coklat mengandung antioksidan kuat yang tinggi. Antioksidan ini dipercaya mampu membantu mencegah penyakit jantung, degenerasi manula terkait usia, penuaan dini, dan dapat mengurangi risiko kanker. Selain itu, juga bisa memerangi radikal bebas dalam tubuh Anda.

Semakin gelap atau pahit coklatnya, maka semakin kuat antioksidannya. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya apakah secangkir coklat panas lebih sehat dibanding satu batang dark chocolate?

Coklat panas telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit dan melawan suasana hati yang buruk. Coklat panas dikenal sebagai minuman khusus untuk kesehatan sejak abad 16 hingga abad 19. Bahkan kadang-kadang minuman ini dianggap sebagai obat.

Saat ini orang tidak mempertimbangkan coklat panas sebagai obat, melainkan hanya sebagai minuman hangat. Padahal ada banyak resep coklat panas yang lezat dan sehat yang dapat Anda coba untuk menikmati manfaat kesehatannya. Apa saja manfaat kesehatan coklat panas? Laman Womanitely, Rabu (28/1) membahasnya.

Meningkatkan kekuatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum coklat panas dapat membantu meningkatkan kekuatan otak Anda juga meningkatkan kesehatan otak Anda secara keseluruhan. Flavonoids (zat yang mempunyai aktivitas biologi tertentu yang banyak dijumpai di tumbuhan, yang juga ditemukan di dalam coklat) meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak Anda.

Zat ini juga membantu Anda mampu berpikir lebih baik. Jika Anda ingin meningkatkan memori Anda, cobalah minum dua cangkir coklat panas sehari. Tidak hanya akan meningkatkan memori Anda, tapi juga suasana hati Anda. Namun, Anda harus memastikan tidak menggunakan terlalu banyak gula dalam cokelat panas Anda.

Mengandung banyak antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Cornell, sebuah universitas riset swasta yang terletak di Ithaca, New York, Amerika Serikat, coklat panas berisi lebih banyak antioksidan dibanding teh hijau dan anggur. Selain itu, minum coklat panas adalah salah satu cara paling lezat untuk mendapatkan coklat dengan antioksidan kuat.

Namun, coklat panas berisi lebih sedikit antioksidan dari sebatang coklat, antioksidan ini dilepaskan ketika Anda minum dalam keadaan panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement