Selasa 03 Feb 2015 11:04 WIB

Rutin Konsumsi Coklat, Mampu Tingkatkan Memori Otak

Rep: MGROL33/ Red: Winda Destiana Putri
Coklat
Foto: VOA
Coklat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti stress, flu, meningkatkan kesehatan jantung, perlindungan dari sinar UltraViolet (UV) matahari, dan mengendalikan berat badan. Ternyata coklat mampu meningkatkan memori Anda.

Dilansri dari MNN, Selasa (3/2) adanya kandungan senyawa kimia flavanols yang terdapat dalam coklat ini mampu mencegah kehilangan memori yang disebabkan oleh bertambahnya usia.

Dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Neuroscience, lebih dari 30 peserta berusia 50-69 tahun dievaluasi oleh para peneliti dari Columbia University. Setengah diminta untuk minum coklat, dengan kadar flavanol tinggi setiap hari selama tiga bulan. Sementara separuh lainnya minum minuman coklat yang tidak termasuk meningkatkan flavanol.

Hasil? Setelah tiga bulan, para peserta dalam kelompok yang meminum coklat flavanol tinggi memiliki hasil yang lebih baik pada tes memori mereka. Selain itu, mereka memiliki tingkat aktivitas yang lebih tinggi dalam dentate gyrus, yang merupakan bagian dari hippocampus otak yang telah dikaitkan dengan memori.

Dalam rangka untuk menelan flavanols tingkat yang sama oleh peserta studi tersebut, tim peneliti menyarankan Anda perlu untuk makan setidaknya tiga coklat besar sehari. Namun, sebagian besar dari Anda tidak akan memiliki masalah dengan resep itu, sayangnya akan cenderung membawa konsekuensi pada kesehatan lainnya sebagai hasilnya. Karena banyak flavanols sehat diproses dari susu coklat.

Tetapi jika dark chocolate adalah kegemaran Anda, ini mungkin memberikan satu alasan yang baik untuk mengonsumsinya. Dosis harian mungkin tidak cukup untuk meningkatkan memori Anda, tapi bila rutin mengonsumsinya akan tetap membantu meningkatkan memori Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement