Sabtu 24 Jan 2015 11:43 WIB

Bayi Anda Prematur, ini Cara Memberikan ASI yang Tepat

Bayi/ilustrasi
Foto: Wikimedia
Bayi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayi prematur membutuhkan penanganan khusus. Begitu pula pada saat pemberian ASI. American Academy of Pediatrics (AAP) menjelaskan, ada lima hal yang perlu Anda ketahui seputar pemberian ASI kepada bayi prematur.

Dilansir dari www.parentsindonesia.com berikut ulasannya.

Kandungan ASI Anda menyesuaikan keadaan

Studi menunjukkan, ASI ibu dari bayi prematur kaya protein dan kandungan lemak pada minggu-minggu pertama berbeda dengan kandungan lemak pada minggu berikutnya. Kondisi tersebut sangat membantu bayi prematur melewati minggu-minggu pertama yang berat.

Bayi Anda kemungkinan besar berada di Neonatal Intensive Care Unit (NICU)

Kekecewaan Anda karena tidak dapat bertemu dengan si mungil semakin bertambah saat menyadari bahwa Anda tidak dapat memberi dia ASI. Katakan kepada dokter dan suster agar ASI Anda dapat diberikan kepada bayi. Atau jika kondisi bayi Anda tidak memungkinkan, Anda masih bisa memerah ASI untuk diberikan kepada si mungil begitu dia keluar dari NICU.

Terkadang Dokter memberi susu formula khusus bayi prematur

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi prematur karena mudah dicerna. Namun terkadang dokter dan suster memberi susu formula untuk mengoptimalkan asupan kalori. Katakan kepada mereka bahwa Anda berniat memberikan ASI eksklusif dan teruslah memompa setiap dua hingga tiga jam demi menjaga produksi ASI Anda.

Transisi ke ASI mungkin membutuhkan kesabaran

Begitu bayi Anda boleh dibawa pulang, mungkin Anda akan menemui kesulitan saat memberi dia ASI langsung dari payudara karena dia sudah terbiasa dengan botol yang memerlukan usaha minimal untuk mengeluarkan susu. Sebelum Anda meninggalkan rumah sakit, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter seputar teknik menyusui dan silakan datang ke klinik laktasi. Mungkin Anda disarankan menggunakan alat bantu menyusui yaitu sebuah selang kecil yang direkatkan di sisi payudara Anda. Perlahan-lahan, bayi akan semakin mahir menyusu langsung dari payudara Anda.

Minta dukungan

ASI sangat baik untuk bayi prematur dan bayi yang sedang sakit, tapi keluarga dan sahabat Anda mungkin bisa memahami manfaat ASI. Mungkin mereka juga kahawatir melihat Anda terus memerah ASI sementara sang bayi masih berada di ruang perawatan intensif sehingga mereka mendorong Anda untuk beralih ke susu formula demi kebaikan Anda. Banyak ibu dari bayi premature yang tidak keberatan memerah ASI secara teratur karena hal itu membuat mereka merasa bisa melakukan sesuatu untuk bayi mereka yang sedang dirawat. Jangan lelah untuk menjelaskan niat baik Anda dan minta dukungan kepada orang-orang terdekat agar Anda sukses memberi ASI eksklusif kepada si bayi premature.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement