Kamis 22 Jan 2015 15:31 WIB

Ajak Anak Berolahraga dengan Cara Ini

Anak berolahraga (ilustrasi)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Anak berolahraga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anak-anak zaman sekarang rentan terhadap obesitas. Hal itu dipengaruhi oleh gaya hidup modern yang semakin memanjakan anak-anak. Tak mau anak Anda kegemukan? Cobalah mengajak mereka olahraga di akhir pekan atau waktu senggang. Di bawah ini ada cara mengajak si kecil olahraga seperti yang dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Buat tradisi baru

Jika biasanya hari Sabtu atau Ahad adalah waktu untuk makan-makan, ganti kebiasaan itu dengan berjalan-jalan ke taman atau bersepeda di sekitar komplek rumah.

Buat olahraga sebagai peraturan baru dalam keluarga

Jika sudah menjadi peraturan wajib, tentunya sebagai orangtua Anda harus ikut berolahraga. Jika Anda patuh pada aturan yang Anda buat sendiri anak-anak tidak akan melawan.

Batasi waktu menonton televisi dan bermain komputer

Hanya sedikit anak-anak mengatakan bahwa mereka memiliki batas waktu menonton TV, bermain video game, dan menggunakan komputer. Ketika orangtua membatasi, ada waktu yang bisa digunakan untuk melakukan olahraga.

Jalan-jalan di taman atau hutan

Ajak anak-anak ke taman untuk bermain sepak bola atau bulu tangkis. Jika Anda anggota pecinta alam saat sekolah atau kuliah, tidak ada salahnya mengajak anak sesekali melakukan petualangan ke hutan.

Jika anak Anda seorang gamer, pertimbangkan permainan yang aktif

Permainan seperti Wii Fitness dan Dance Dance Revolution akan membakar kalori anak lebih banyak dan mengembangkan koordinasi antara mata, tangan dan kaki.  Selain olahraga, kedua permainan tersebut menjanjikan kesenangan dan hiburan pada anak dan orang tua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement