Rabu 14 Jan 2015 07:28 WIB

Konsumsi Brokoli Secara Rutin Dapat Cegah Kanker

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Manfaat Brokoli bagi kesehatan
Foto: News
Manfaat Brokoli bagi kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda suka makan brokoli? Sayuran hijau yang bentuknya mirip dengan kembang kol ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya?

Laman Allwomenstalk memberikan beberapa manfaat utama brokoli, walaupun faktanya brokoli memiliki lebih dari sembilan manfaat. Simak bahasannya berikut ini.

Mencegah kanker

Mengonsumsi brokoli bisa mencegah beberapa penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan kanker. Brokoli mengandung zat kimia, sulforaphane, yang dapat merangsang produksi enzim anti-kanker. Enzim ini, dapat mengangkat dan mengusir racun penyebab kanker dari tubuh Anda.

Dengan memakan brokoli, Anda bahkan dapat mengurangi risiko dari segala jenis kanker, mulai dari kanker payudara, paru-paru, kanker lambung dan usus besar. Ini bukanlah satu-satunya manfaat terbaik brokoli. Masih ada manfaat lainnya.

Menguatkan tulang Anda

Apakah Anda tahu brokoli bekerja dengan begitu hebatnya untuk memperkuat tulang. Brokoli bukan merupakan produk susu yang luar biasa sumber kalium dan kalsium, tapi brokoli sangat baik untuk tulang Anda. Mengonsumsi brokoli akan menurunkan resiko patah tulang dan bahkan bisa mencegah osteoporosis.

Meningkatkan kekuatan otak

Dalam setiap porsi brokoli mengandung vitamin k, ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan juga meningkatkan memori Anda. Brokoli melindungi sel-sel otak Anda dari efek radikal bebas yang merusak mental dan meningkatkan stamina. Itu mungkin terbukti bermanfaat jika Anda berjuang dengan mental yang kelelahan dan depresi. Selain itu, brokoli juga mengandung kolin yang bisa mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru dan memperkuat jaringan saraf. Jangan lupa untuk makan brokoli dan Anda tidak akan pernah lupa apapun lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement