Rabu 03 May 2023 20:00 WIB

Sayur-sayuran Berprotein Tinggi, Bisa Perkuat Tulang dan Turunkan Tekanan Darah

Tak hanya telur dan daging, ada beberapa sayuran yang memiliki protein tinggi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Brokoli (ilustrasi). Setidaknya ada tujuh sayuranyang memiliki protein tinggi, salah satunya protein.
Foto: www.freepik.com
Brokoli (ilustrasi). Setidaknya ada tujuh sayuranyang memiliki protein tinggi, salah satunya protein.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahukah Anda, ada sayuran yang memiliki kandungan protein tinggi. Dilansir laman Health Shot, Rabu (3/5/2023), ahli gizi sekaligus pendiri Fisico Diet Clinic, Vidhi Chawla, mengatakan protein adalah nutrisi penting.

Jika Anda mengonsumsi cukup protein setiap hari, itu dapat membentuk otot, membantu menjaga berat badan yang sehat, mencegah makan berlebihan, memperkuat tulang, dan menurunkan tekanan darah Anda. Jadi, tambahkan sayuran kaya protein ini ke dalam diet Anda dan buat sendiri makanan lezat namun bergizi agar tetap sehat.

Baca Juga

Berikut ini tujuh sayuran kaya protein yang wajib Anda konsumsi:

1. Brokoli

Brokoli tinggi protein, rendah lemak, dan rendah kalori. Ini adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik, semuanya mendukung kesehatan yang baik. Folat, mangan, potasium, fosfor, dan vitamin K dan C semuanya ditemukan dalam brokoli. Ini juga termasuk glukosinolat, yang telah terbukti memerangi kanker.

2. Kacang polong

Kacang polong merupakan sumber protein dan serat nabati yang kaya. Faktanya, suguhan kecil ini memiliki lebih sedikit lemak dan kolesterol. Kacang polong juga tinggi mangan, tembaga, fosfor, folat, seng, besi, dan magnesium.

Mereka juga termasuk fitonutrien seperti coumestrol yang dapat membantu mencegah kanker perut. Jika Anda belum memasukkan kacang polong ke dalam makanan Anda, sekarang waktunya. Kacang polong sangat cocok untuk kari, salad, dan hidangan lainnya.

3. Kale

Kale adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Ini juga termasuk bahan kimia fenolik, yang memberikan manfaat antioksidan . Kale dapat dengan mudah dikukus, direbus, atau ditumis dan dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Kale mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, serta vitamin K, C, A, dan B6, kalsium, kalium, mangan, dan magnesium. Ini juga termasuk lutein dan zeaxanthin, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko katarak dan degenerasi makula.

4. Jagung manis

Anda mungkin terkejut, tetapi jagung manis juga merupakan sayuran. Jagung manis rendah lemak dan tinggi protein, memenuhi sekitar 9 persen protein yang Anda butuhkan setiap hari. Jagung juga mengandung tiamin, vitamin C dan B6, folat, magnesium, fosfor, dan magnesium. Jagung dapat digunakan untuk membuat sandwich, sup, dan salad untuk membantu Anda tetap sehat.

5. Kembang kol

Kembang kol memiliki kandungan protein yang tinggi. Sayuran yang mudah beradaptasi ini dapat digunakan di beberapa masakan. Kembang kol mengandung sinigrin selain potasium, mangan, magnesium, fosfor, kalsium, vitamin C dan K, serta zat besi. Molekul glucosinolate ini mungkin memiliki efek anti kanker dan antiinflamasi.

6. Bayam

Bayam dianggap sebagai salah satu sayuran berdaun hijau terkaya nutrisi. Protein, bersama dengan asam amino yang diperlukan, diklaim menyumbang 30 persen kalorinya.

Bayam adalah sumber protein terkaya kedua dalam sayuran. Ini mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, dan vitamin C, yang antara lain membantu menjaga sistem kekebalan yang efektif, melindungi penglihatan , dan meningkatkan aliran darah yang sehat.

7. Kubis brussel

Kubis brussel menggabungkan serat dan protein dengan berbagai vitamin dan mineral untuk membuat Anda kenyang dan kenyang. Belum lagi manfaat kesehatannya, mulai dari ketajaman otak hingga pencegahan kanker dan penurunan tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement