Selasa 29 Mar 2022 19:34 WIB

Suplemen Ini tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

Ada sejumlah pil harian yang tidak boleh diminum secara bersamaan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Suplemen yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Suplemen yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama dua tahun terakhir banyak orang fokus menjaga kesehatannya. Ketika memulai rezim kesehatan baru, banyak yang beralih ke suplemen untuk membantu mengurangi gejala yang tidak biasa dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Suplemen adalah cara terbaik untuk membantu dengan sejumlah penyakit. Namun, berhati-hatilah. Ada sejumlah pil harian yang tidak boleh diminum secara bersamaan.

Baca Juga

Anda kemungkinan besar mengalami efek samping dari suplemen makanan jika Anda meminumnya dalam dosis tinggi. Mengganti obat yang diresepkan dengan suplemen juga menyebabkan efek samping. Jika Anda mengonsumsi banyak suplemen yang berbeda juga akan menimbulkan efek samping.

Penyebab mengapa beberapa suplemen tidak boleh dikonsumsi bersamaan mencakup banyak alasan. Seperti, mengganggu penyerapan mineral yang lebih kecil yang ditemukan dalam multivitamin, menangkal kemampuannya, atau meningkatkan gejala tidak biasa lainnya.

Suplemen yang tidak boleh Anda konsumsi secara bersamaan meliputi magnesium dan multivitamin, vitamin D, E dan K, minyak Ikan dan gingko biloba. Suplemen lainnya yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan adalah tembaga dan seng, besi dan teh hijau juga vitamin C dan B12 .

Saat mengonsumsi magnesium harian, ahli gizi Erin Stokes merekomendasikan untuk tidak meminumnya bersamaan dengan multivitamin Anda. Penelitian telah menunjukkan penyerapan Vitamin K seseorang dapat berkurang ketika vitamin lain yang larut dalam lemak seperti Vitamin E dan Vitamin D dikonsumsi bersamaan.

Baik omega-3 dan Gingko Biloba memiliki potensi pengencer darah dan jika menggunakan keduanya bersama-sama, mungkin ada peningkatan risiko pendarahan yang tidak terkendali atau ketidakmampuan untuk menggumpal. Jika Anda mengonsumsi suplemen tembaga karena kekurangan tembaga, hindari mengonsumsi seng secara bersamaan.

Seng dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi dapat mengganggu penyerapan tembaga dalam tubuh. Teh hijau dalam jumlah besar dapat menyebabkan kekurangan zat besi dan mengonsumsi suplemen zat besi dikatakan dapat menurunkan khasiat teh hijau. Untuk alasan ini, ini disarankan untuk tidak mengambil bersama-sama

"Jika Anda mengonsumsi vitamin C bersama dengan vitamin B12, maka yang pertama dapat memecah yang terakhir di saluran pencernaan Anda," ujar apoteker, Scott McDougal, seperti dilansir di laman Express, Selasa (29/3/2022).

Menurutnya, hal ini mengurangi penyerapan vitamin B12 Anda, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah fisik dan psikologis. Mempertimbangkan semua manfaat kesehatan yang terkait dengan suplementasi vitamin C, tidak mengherankan jika Anda masih tertarik untuk mengonsumsi vitamin tersebut.

Jika ini masalahnya, tapi Anda sedang mengobati kekurangan vitamin B12, McDougall membagikan tip utamanya untuk membuat Anda tetap aman. “Minumlah vitamin C dan vitamin B12 dengan jarak minimal dua jam,” sarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement