Sabtu 10 Jan 2015 08:59 WIB

Qantas Australia Kembali Dinobatkan Sebagai Maskapai Teraman di Dunia

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Qantas Air
Foto: Telegraph
Qantas Air

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Maskapai nasional Australia Qantas Air kembali dinobatkan sebagai maskapai paling aman di dunia.

Qantas sekali lagi meraih posisi puncak dalam daftar maskapai teraman menurut sebuah studi yang dilakukan laman rating penerbangan, Airlinerankings, seperti dilansir Telegraph, Sabtu (10/1).

Qantas berhasil mengungguli 448 maskapai penerbangan lainnya yang diobservasi oleh Airlinerankings, laman ranking penerbangan yang sudah berdiri sejak 2003.

Penilaian ini didasarkan pada beberapa kriteria atau faktor keamanan. Seperti apakah maskapai memiliki sertifikat IOSA (International Air Transport Association) atau audit operasional keselamatan, apakah itu didukung oleh Otoritas Penerbangan Federal, apakah negara asal memenuhi semua parameter keamanan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, dan apakah armada maskapai telah memenuhi standar keamanan.

 

Adapun maskapai lain yang masuk peringkat sepuluh besar yaitu Air New Zealand, Cathay Pacific Airways, British Airways, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Finnair, Lufthansa dan Singapore Airlines.

Sementara beberapa maskapai yang terbilang relatif murah antara lain, Aer Lingus, Alaska Airlines, Icelandair, Jetstar, Jetblue, Kulula.com, Monarch Airlines, Thomas Cook, TUI Fly dan Westjet.

Sebagai informasi, Qantas Air juga sempat terkenal lewat kemunculannya di film Rain Man.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement