REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Perusahaan waralaba makanan cepat saji Korea Selatan, Lotteria, memperkenalkan produk baru mereka. Yakni ramyeon burger (burger mi).
Produk ini jadi salah satu strategi untuk menyaingi jaringan restoran cepat saji multinasional McDonald dan Burger King.
Sebagai langkah awal, Lotteria akan memproduksi 500 ribu Ramyeon untuk mengetahui respons pasar. Satu burger mie ini dihargai 3.400 won atau sekitar tiga dolar AS.
Mi rebus yang kemudian melewati proses pemanggangan digunakan sebagai pengganti roti. Daging ayam akan digunakan sebagai isian dengan saus jalapeno yang lebih pedas dari burger biasanya.
"Ide ini muncul karena ramyeon (mie) adalah makanan populer bagi warga Korea. Produk baru ini sudah mengundang penasaran banyak orang bahkan sebelum diluncurkan,'' kata juru bicara Lotteria seperti dikutip Korea Times, Rabu (7/1).
Jika respons pasar positif, Lotteria akan memasukkan ramyeon burger dalam menu reguler mereka. Mereka juga menggelar promosi masif untuk menarik perhatian publik terutama anak muda.
Pada 1999, Lotteria juga meluncurkan vegetable rice bulgogi burger. Produk ini menjadi hits dan membuat burger jadi bagian menu warga lokal.