Rabu 07 Jan 2015 07:24 WIB

Jahe, Herbal yang Meningkatkan Imunitas

Rep: MGROL31/ Red: Winda Destiana Putri
Jahe dapat membantu meningkatkan imunitas
Foto: Allwomenstalk
Jahe dapat membantu meningkatkan imunitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Anda memasak menggunakan herbal, seperti jahe atau kunyit, Anda tidak hanya menambahkannya sebagai penyedap rasa namun tanpa disadari hal tersebut berpengaruh pada imunitas tubuh Anda.

Ketika sistem imun dalam tubuh Anda bekerja sebagai mana mestinya, sangat mudah bagi tubuh Anda untuk melawan segala penyakit yang menyerang. Sangat banyak jenis herbal yang membantu meningkatkan imunitas yang bisa dinikmati bersama dengan makanan nikmat dan sehat Anda.

Berikut ini merupakan herbal yang meningkatkan imunitas tubuh seperti yang dilansir dari Allwomenstalk, Rabu (7/1).

Jahe

Menurut para ahli, jahe merupakan salah satu herbal ampuh untuk menangkal inflamasi dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko pembekuan darah dan mengontrol tingkat kolesterol. Hal tersebut menjadikan tanaman yang satu ini merupakan bumbu wajib untuk meningkatkan sistem imun Anda.

Echinacea

Ketika Anda mengalami pilek, mungkin Echinacea merupakan salah satu herbal yang Anda butuhkan untuk menanggulanginya. Echinacea juga dapat membantu meningkatkan sel penangkal infeksi, yang dapat membuat tubuh Anda melawan segala gejala penyakit. Echinacea yang biasa disebut coneflower ini memang bukan merupakan tanaman asli Indonesia, namun kemampuan meningkatkan imun tubuh dapat disejajarkan dengan herbal asal Indonesia.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan warna yang bagus ketika dimasak. Namun dibalik itu semua, kunyit mengandung kurkumin yang merupakan salah satu zat antioksidan, antibakteria, dan antiinflamasi yang baik untuk menangkal segala gejala kesehatan. Kunyit juga dapat membantu fungsi kerja dari hati serta membuat sistem pencernaan sehat.

Oregano

Jika Anda merupakan salah satu pencinta kuliner Itali tentu saja Anda tidak asing dengan herbal yang satu itu. Oregano dapat melawan bakteri, jamur, ataupun virus yang dapat membuat Anda sakit.  Para peneliti mengungkapkan daun oregano dapat membunuh bakteri jahat di usus, mengobati bisul, dan mencegah keracunan makanan. Tanaman ini juga memiliki banyak kandungan yang berkontribusi untuk kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement