Kamis 25 Dec 2014 02:38 WIB

Kota Kecil di Spanyol Ini Akan Jadi Kota Smurf

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Desa Juzcar, desa smurf di Spanyol
Foto: Dailymail
Desa Juzcar, desa smurf di Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, JUZCAR -- Sebuah kota kecil di Spanyol disulap jadi berwarna biru demi mirip dengan kota Smurf. Desa Juzcar jadi terkenal setelah dicat serba biru untuk menjadi kota bertema Smuft pertama di dunia.

Sebelumnya, desa ini berwarna serba putih. Namun masyarakat lokal setuju berganti warna pada 2011 ketika Sony merilis film 3D The Smurf. Warna biru Smurf ini diharap menarik perhatian para pelancong hingga bisa meningkatkan pariwisata.

Juzcar berada 13 mil dari kota bersejarah Ronda. Kota ini akan mendapat dana investasi sebesar 37 juta poundsterling untuk membuat taman bertema Smurf. Saat ini Juzcar dirancang untuk menarik lebih dari 200 ribu pelancong.

Dewan lokal mengatakan theme park akan menarik 200 lapangan kerja di wilayah tersebut jika telah sepenuhnya selesai. Butuh sekitar 36,9 juta poundsterling untuk membangun desa Smurf ini.

Pihak berwenang pariwisata berharap bisa hasilkan setidaknya 11 juta poundsterling per tahun. Di Spanyol, Smurf dikenal sebagai 'pifutos'. Aslinya, tokoh biru ini adalah buatan komikus Belgia Pierre Culliford.

Smurf telah sukses besar dalam dunia mainan, televisi, film, karakter video games. Sehingga theme park ini diharap jadi kesuksesan selanjutnya.

Juzcar akan menjadi satu-satunya desa yang dibangun dalam dedikasi untuk Smurf. Theme park dibangun untuk wisata keluarga dan diharap menarik perhatian anak-anak dari usia dua hingga 12 tahun.

Selain dicat serba biru, gambar-gambar karakter Smurf dan patung juga memenuhi halaman hingga tembok-tembok rumah serta ruang publik. Berada di tengah-tengah bukit dengan pemandangan serba hijau, Juzcar sangat menarik karena warna tak biasanya.

Sebelumnya, taman Smurf pernah ada di Amerika dan Prancis. Namun, keduanya tidak beroperasi atau berganti tema setelah dibeli perusahaan lain, seperti dilansir Dailymail, Kamis (25/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement