Senin 24 Nov 2014 22:43 WIB
Musi Triboatton 2014

14 Tim dari 8 Negara Siap Bertarung di Musi Triboatton 2014

Sejumlah peserta mengayuh perahu naga pada etape akhir balap perahu naga yang merupakan rangkaian akhir dari Musi Triboatton 2012 di Benteng Kuto Besak Palembang, Sabtu (1/12).
Foto: Antara/Feny Selly
Sejumlah peserta mengayuh perahu naga pada etape akhir balap perahu naga yang merupakan rangkaian akhir dari Musi Triboatton 2012 di Benteng Kuto Besak Palembang, Sabtu (1/12).

REPUBLIKA.CO.ID, PAGAR ALAM, SUMSEL -- Gelaran Musi Triboatton 2014 akan segera dimulai. 14 tim dari delapan negara termasuk Indonesia, siap bertarung dalam kejuaraan yang akan dibuka, Senin (24/11) malam di Alun-Alun Kota Pagar Alam.

Viky Sanjaya manajer tim dari Sumsel 1, menyatakan pihaknya telah menggelar latihan intensif selama beberapa bulan terakhir untuk turnamen ini.

"Insya Allah siap, kita total ada 18 orang dalam satu tim," ujar Viky usai technical meeting "Musi Triboatton 2014" di aula Vila Gunung Gare, Senin sore.

Dari test water rafting yang digelar sepanjang siang hingga sore tadi, dikatakanya arus sungai cukup bersahabat. Debit air cukup menantang untuk diarungi.

"Kalau melihat debit air normal, semoga tidak hujan besok," kata dia.

Hal senada diungkapkan tim dari Malaysia. Mereka optimistis mendapat hasil terbaik meski ini merupakan kali pertama mengikuti "Musi Triboatton". Mereka punya modal kuat menyusul kemenangan di ajang Tanjung Pinang International Dragon Boat bulan lalu.

"Kami cukup senang dengan kompetisi ini. Arus sungai juga menantang. Selama 23 tahun saya terjun di water sport (olahraga air), ini salah satu lintasan yang terbaik," ujar Ahmad Shalaby, kapten tim Maysia.

"Musi Triboatton 2014" adalah ajang yang memperlombakan tiga cabang olahraga, yaitu arung jeram, kayak dan perahu naga. Di ajang yang akan berlangsung 24 hingga 29 November ini diikuti 14 tim, yakni Sumatera Selatan 1, Sumatara Selatan 2, Sumatera Barat, Nangroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, Bangka Belitung, Jambi, Riau, Malaysia, Iran, Singapura, Filipina dan Brunei Darussalam.

Seluruh tim akan mengarungi sungai Musi sejauh kurang lebih 523 kilometer, menyusuri empat wilayah Kabupaten dan satu Kota. Yakni Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Kota Palembang dan berakhir di Jembatan Ampera.

Etape 1 akan dimulai Selasa (25/11) esok dengan titik start di Tanjung Raya dan finish di Tebing Tinggi. Etape 1 akan ditempuh sejuah 35 kilometer.

"Musi Triboatton" merupakan salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata khususnya wisata Sungai Musi melalui olahraga air.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement