Kamis 16 Oct 2014 11:56 WIB

Bagikan Album U2 Gratis, Bono Malah Dikecam

Rep: Niken Paramita/ Red: Mansyur Faqih
Bono
Foto: thepoachedegg.net
Bono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa waktu Apple sempat menawarkan album U2 Songs of Innocence di iTunes secara gratis. Sekitar 500 juta pengguna iTunes bisa mengunduh secara otomatis album dengan batas waktu yang ditentukan. 

Namun nyatanya strategi ini tidak diterima positif oleh semua kalangan. Karena pengguna iTune seolah dipaksa untuk mengunduh suka atau tidak suka dengan album tersebut.

Di tengah wawancara Facebook AMA, pentolan grup band, Bono pun mengungkapkan penyesalannya sebagai tanggapan pertanyaan yang diajukan seorang pengguna iTunes kepadanya. 

"Bisakah Anda tidak merilis lagi album di iTunes yang secara otomatis terunduh ke playlist seseorang? Itu benar-benar tidak sopan," ujar seorang penanya seperti yang dilansir BBC, Kamis (16/10). 

"Ups. Umm. Saya minta maaf soal itu. Saya punya ide bagus ini dan kami terbawa dengan diri kita sendiri. Seniman rentan terhadap hal semacam itu. Jatuh ke dalam megalomania, sentuhan kemurahan hati, sejumput promosi diri dan ketakuan mendalam lagu-lagu yang kita ciptakan selama beberapa tahun terakhir tidak mungkin didengar," kata Bono.  

Bono mengakui, bersama bandnya terbawa kesenangan dengan banyaknya pengguna iTunes yang bisa menghisap karyanya lewat promosi itu. U2 juga tidak menyadari akan banyak yang tidak menyukai cara ini.

Apalagi bagi mereka yang memiliki ruang penyimpanan kecil di ponselnya. 

Dalam hal apa pun, jika Anda salah satu dari 81 juta pengguna yang memiliki album download secara otomatis, Bono menyatakan penyesalannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement