Sabtu 13 Sep 2014 16:30 WIB

Lakukan Ini Agar Anak Lebih Cepat Mandiri (1)

Rep: MG ROL 25/ Red: Indira Rezkisari
Orang tua perlu menyiapkan anak agar menjadi sosok yang tangguh.
Foto: Prayogi/Republika
Orang tua perlu menyiapkan anak agar menjadi sosok yang tangguh.

REPUBLIKA.CO.ID, WARWICKSHIRE – Orang tua yang berlebihan dalam mengasuh anak akan menyebabkan anak terlalu bergantung pada orang tua. Imbasnya, ketika dilanda masalah, anak tidak memiliki pertahanan diri, dan menyebabkan dirinya rentan terkena bullying.

Dilansir dari The Huffington Post, berikut tips mencegah anak agar tidak terlalu bergantung pada orang tuanya :

1.    Ajarkan anak memecahkan masalah

Alih-alih membuat anak bergantung pada orang tua, ajari mereka kemampuan menyelesaikan masalah. Seperti, menghadapi nilai tes yang buruk atau tugas mereka yang tidak memenuhi tenggat waktu. Mengajari mereka memecahkan masalah sendiri akan membangun kemampuan mengambil sikap, dan semangat tangguh dalam menghadapi tantangan dalam hidup.

2.    Ajak negosiasi

Negosiasi saat mengalami konflik dengan orang lain, bisa memunculkan win-win solution yang baik untuk kedua pihak. Ajari mereka bernegosiasi, baik untuk perbedaan pendapat dengan teman, atau dengan guru.

Negosiasi memperdalam logika, empati, dan kemampuan berkomunikasi mereka. Keterampilan bernegosiasi akan sangat bermanfaat untuk kehidupan mereka saat dewasa.

3.    Bangun kecerdasan emosional

Menurut psikolog Dieter Wolke, Emotional Quotion (EQ), bukan Intelectual Quotion (IQ),  adalah penentu keberhasilan generasi muda.

Kecerdasan emosional memungkinkan anak untuk lebih sadar diri bisa mengelola emosi mereka sendiri dan mengelola hubungan.

Ketika orang tua membangun EQ anak, maka orang tua tengah mempersiapkan anak agar menjadi sosok yang tangguh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement