Jumat 05 Sep 2014 08:23 WIB

Cara Tepat Simpan Buah dan Sayur di Kulkas (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Buah dan sayur sebaiknya tidak disimpan berdampingan letaknya di kulkas.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Buah dan sayur sebaiknya tidak disimpan berdampingan letaknya di kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda hanya menaruh buah dan sayuran begitu saja di lemari es? Atau sekadar meletakkannya di meja serta mangkuk di dapur?

Jika demikian, Anda mungkin merugikan diri sendiri. Ada beberapa hal yang perlu dipelajari serta diingat sebelum membongkar barang belanjaan dapur Anda dan menyimpannya di kulkas. Seperto dilansir dari the Fashion Spot, Jumat (5/9).

1. Hati-hati jika Anda menyimpan buah dan sayuran bersampingan satu sama lain tanpa bungkusan pemisah. Ketahuilah, hampir semua buah dan sayuran menghasilkan gas tak terlihat dan tak berbau disebut etilen.

Gas ini berperan mematangkan buah dan sayuran, sehingga jika bersentuhan dengan sayuran berbeda akan membuat daun sayur atau kulit buah yang kalah cepat menguning.

2. Akan lebih tepat jika Anda memisahkan tempat penyimpanan buah dengan sayur, sebab buah biasanya mengandung etilen lebih banyak ketimbang sayuran. Mereka akan menyebabkan sayur cepat matang dan merusak zat dasar dalam sayur itu sendiri.

3. Buah-buahan yang mengandung etilen tinggi biasanya sensitif terhadap hawa dingin dan tidak boleh didinginkan sebelum mereka matang karena akan memengaruhi rasa mereka. Di antara jenis buah-buah dengan kandungan etilen tinggi itu adalah alpukat, plum, kiwi, mangga, nanas, pir, tomat, nektarin, dan persik.

4. Menyimpan pisang matang di lemari es menyebabkan kulit pisang menggelap dan segala sesuatu yang berada di samping pisang cepat membusuk.

5. Apel, ceri, dan anggur akan bertahan lebih lama jika didinginkan.

6. Cucilah buah sebelum menyimpannya di kulkas, karena jika langsung disimpan setelah dibeli akan mempercepat proses busuknya. Cara mencuci buah yang baik juga perlu diperhatikan. Cucilah buah dalam larutan cuka dan air dengan perbandingan satu banding tiga.

Ini akan membantu membasmi bakteri dan spora jamur pada buah. Setelah dicuci dan dikeringkan, maka simpanlah buah di dalam wadah  dengan tutup yang sedikit terbuka untuk memungkinkan aliran udara.

7. Tomat harus selalu disimpan pada suhu kamar, jadi tomat sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement