Ahad 06 Apr 2014 07:42 WIB

Kreasi Saus Pendamping Burger

.
Foto: AP
.

REPUBLIKA.CO.ID, Berkreasi dengan makanan cepat saji bukan hal yang lazim. Menurut Bara Pattiradjawane, ada banyak kreasi yang bisa dibuat untuk 'menghidupkan' makanan cepat saji.

Salah satunya adalah dengan membuat saus untuk teman makan burger. ''Saya menyebutnya saus pendamping burger,'' kata Bara.

Bara pun bercerita tentang sejumlah saus yang enak disantap sebagai pendamping makanan cepat saji. Saus ini berguna sebagai alternatif pengganti saus tomat dan sambal. Melahapnya dengan kentang goreng atau onion ring juga bisa. Atau, namanya juga orang Melayu, menjadikannya teman makan fried chicken dengan nasi.

''Mulai dengan tomato chutney,'' kata Bara. Pembawa acara masak di televisi swasta itu menerangkan ide tomato chutney terinspirasi dari makanan India. Di negeri asalnya, chutney ada yang dibuat dari mangga. ''Rasanya asam dan manis, kalau dicampur dengan burger enak sekali,'' kata Bara.

Tomato chutney dibuat dari mencampur minyak, biji mustar, kayu manis, jahe parut, bawang putih, cabai merah iris, gula, cuka, dan rajangan daun ketumbar. Bara mencontohkan cara memasaknya.

Panaskan minyak. Oseng kayu manis dan biji mustar. Tambahkan jahe dan bawang putih, masak hingga harum. Masukkan bahan lainnya, tomat segar yang dicacah halus, cabai merah, gulam cuka, dan daun ketumbar. Aduk rata. Biarkan mendidih. Lalu, kecilkan api dan masak sampai mengental. Setelah diangkat dari api, Bara menambahkan perasaan jeruk nipis.

Inspirasi saus lainnya adalah salsa dari anggur dan relish dari nanas. Relish hadir dalam berbagai bentuk. Nama barat untuk acar yang dimasak adalah relish. Saus dalam piring kecil berisi rajangan cabai dan kecap asin bisa pula disebut relish.

Pada dasarnya, relish merupakan saus pendamping makanan. Campur bawang bombay, madu, cuka, buah nanas, bubuk kari, bubuk jahe, garam, dan cabai giling kering dalam panci. Masak sampai mengental. ''Kurang lebih 20 hingga 30 menit,'' kata Bara. Dinginkan, baru sajikan sebagai relish di atas burger atau hotdog.

Resep salsa anggur tidak kalah mudahnya. Campur buah anggur merah tanpa biji yang telah dicacah kasar. Tambahkan mangga yang dipotong dadu kecil, daun bawang yang diiris tipis, daun seledri, daun ketumbar, cuka, bubuk bawang putih, garam, gula, cabai merah, dan cabai jalapeno yang diiris tipis. Setelah bercampur, diamkan sejenak. Jadi, deh.

Anda sekarang siap menyuguhkan makanan cepat saji dengan sentuhan unik. Dicocol dengan salsa yang asam segar, relish nanas yang pedas, atau dengan tomato chutney yang agak manis.

 

Resep

Saus Mayones Pedas

Bahan:

5 sdm mayones

3 sdm yogurt

3 sdm sour cream

1 sdt daun seledri, cacah halus

1 sdt daun bawang hijau, rajang

1 sdt daun dill, cacah halus

1/4 sdt bubuk bawang putih

1/4 sdt bubuk bawang Bombay

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica hitam

Cara membuat:

- Campur semua bahan.

- Aduk rata.

- Campur dengan sayur, buncis, bengkoang, wortel, jagung, kacang polong, kentang rendang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement