Kamis 19 Dec 2013 16:58 WIB

20 Manga Shonen Jump dengan Penjualan Tertinggi (4-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
20 manga Shonen Jump terbaik, One Piece
Foto: Rocketnews24
20 manga Shonen Jump terbaik, One Piece

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang adalah rumah utama bagi manga. Manga dapat dibeli dimana-mana, mulai dari toko-toko buku hingga pinggiran stasiun.

Di antara banyaknya penerbit manga, Weekly Shonen Jump salah sat yang terbaik. Hal itu terbukti dari jumlah produksi dan penjualan.

Pada era 1990an, popularitas Shonen Jump melonjak dan cerita-cerita manganya mampu merebut hati anak-anak muda Jepang, baik laki-laki dan perempuan.

Shonen Jump bahkan pernah mencetak rekor penjualan cetakan pertama masing-masing manganya hingga enam juta eksemplar, meskipun beberapa tahun terakhir cetakan pertamanya rata-rata hanya terjual tiga juta eksemplar.

 

ROLers, dalam artikel berikut kita akan membahas setidaknya 20 manga Shonen Jump dengan penjualan terbaik sepanjang masa, dilansir dari RocketNews24, Rabu (18/12).

16. Slam Dunk (31 volume, 1990-1996)

Penjualan: 117 juta eksemplar

Manga basket karya Takehiko Inoue ini bercerita tentang seorang siswa SMA, Hanamichi Sakuragi yang bergabung dengan tim basket sekolah. Di sana ia bertemu dengan Haruko Akagi.

Manga ini berkisah tentang hubungan antara rekan dan saingan dalam permainan basket. Manga ini memiliki kemudian memberi dampak pada program basket di sekolah-sekolah menengah dan perguruan tinggi di seluruh Jepang. Bahkan, di Taiwan, beberapa siswa membuat video manga ini untuk memberi penghormatan untuk seri ini. Ada juga rumor yang menyebutkan bahwa ada sekuel dari 'Slam Dunk' namun masih belum terwujud sampai sekarang.

17. Naruto (1999-sekarang)

Penjualan: 135,5 juta eksemplar

'Naruto' adalah manga seni bela diri yang berkaitan dengan calon ninja. Manga ini sudah populer dan disetarakan dengan 'One Piece.'

Manga ini juga mencetak sukses di 30 negara di seluruh dunia, termasuk adaptasi animenya yang sudah diputar dilebih dari 80 negara. Film pendek live action 'Naruto' juga telah menarik perhatian dunia.

18. Kochira Katsushika-ku Kameari Koen Mae Hashutsujo (184 volume, 1976-sekarang)

Penjualan: 155,3 juta eksemplar

Komik konyol ini mungkin usianya lebih tua dari Anda. Ceritanya berpusat pada seorang perwira polisi di pusat kota Tokyo, Osamu Akimoto. Ini adalah seri yang berfokus pada humor slapstick, namun bercampur dengan budaya pop dan beberapa unsur dramatis.

Sudah puluhan tahun, namun manga ini masih terus berlanjut. Sang kreator, Kochikame-san telah meraih Guinness World Record sebagai penulis manga terpanjang sepanjang sejarah, lebih dari 30 tahun.

19. Dragon Ball (42 volume, 1984-1995)

Penjualan: 230 juta eksemplar

Manga yang satu ini terinspirasi dari legenda 'Monkey King' Cina berjudul 'Journey to the West,' namun dengan penekanan pada pertempuran karakter-karakter di dalamnya. Semuanya berakar dari kemenangan, persahabatan, dan usaha keras.

Pencipta seri ini, Akira Toriyama mengatakan bahwa karakter Vegeta, Piccolo, Krilin, dan Mr. Satan adalah favoritnya. Manga ini sempat dikritik karena tak ada habisnya dan rangkaian musuh Goku dan Gohan bahkan semakin kuat. Kritik itu kemudian menyebabkan serial ini akhirnya berakhir, dan muncul juga dalam berbagai majalah, merchandise, serta animasi televisi.

20. One Piece (68 volum, 1997-sekarang)

Penjualan: 270 juta eksemplar

Seri aksi petualangan bajak laut Luffy ini diciptakan oleh Eiichiro Oda. Ketika karya-karya 1990an seperti 'Slam Dunk' dan 'Dragon Ball' berakhir, Shonen Jump akhirnya meraih mega hit manganya, yaitu 'One Piece.'

Manga ini sukses mengobati depresi pembaca fanatik manga yang sedih dengan berakhirnya serial 'Dragon Ball.'

Meskipun isu-isu satir muncul dalam manga ini, seperti sengketa teritorial, agama, dan perang, namun manga ini tetap dicintai pembacanya sampai sekarang. Manga ini dapat diterima sangat baik oleh pembaca manga muda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement