Kamis 19 Dec 2013 16:51 WIB

20 Manga Shonen Jump dengan Penjualan Tertinggi (3)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
20 manga Shonen Jump terbaik, Hunter × Hunter
Foto: Rocketnews24
20 manga Shonen Jump terbaik, Hunter × Hunter

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang adalah rumah utama bagi manga. Manga dapat dibeli dimana-mana, mulai dari toko-toko buku hingga pinggiran stasiun.

Di antara banyaknya penerbit manga, Weekly Shonen Jump salah sat yang terbaik. Hal itu terbukti dari jumlah produksi dan penjualan.

Pada era 1990an, popularitas Shonen Jump melonjak dan cerita-cerita manganya mampu merebut hati anak-anak muda Jepang, baik laki-laki dan perempuan.

Shonen Jump bahkan pernah mencetak rekor penjualan cetakan pertama masing-masing manganya hingga enam juta eksemplar, meskipun beberapa tahun terakhir cetakan pertamanya rata-rata hanya terjual tiga juta eksemplar.

ROLers, dalam artikel berikut kita akan membahas setidaknya 20 manga Shonen Jump dengan penjualan terbaik sepanjang masa, dilansir dari RocketNews24, Rabu (18/12).

11. Hunter X Hunter (32 volume, 1998-sekarang)

Penjualan: 60 juta eksemplar

Karakter utama di manga ini adalah Gon. Ia berambisi menemukan ayahnya yang belum pernah dilihatnya. Menjadi seorang hunter merupakan satu-satunya cara untuk menggapai impiannya tersebut. Berbagai macam musuh dan sekutu menyertai Gon dalam perjalannya.

Pada seri majalahnya, manga ini hiatus cukup lama. Selama dua tahun, seri ini absen sementara. Hingga saat ini, sang penulis, Hakusho-san masih belum menyelesaikan ceritanya.

12. Fist of North Star (27 volume, 1983-1988)

Penjualan: 60 juta eksemplar

Pada era 1990an, dunia dihancurkan oleh perang nuklir. Cerita kemudian berkembang oleh Kenshiro yang menggunakan gaya bertarung Hokuta Shinken untuk melawan musuh-musuhnya yang kuat.

Seri manga ini disebutkan mendapat sedikit terpengaruh dari Mad Max dan The Killing Fields. Dari awal, seri ini sangat populer sebab mengangkat seni bela diri dan genre aksi. Lebih dari 20 tahun sejak itu, publikasi manga ini tetap bertahan dengan kepopulerannya ketika diadaptasi ke dalam anime.

13. Captain Tsubasa (37 volume, 1981-1988)

Penjualan: 70 juta eksemplar

Pahlawan dari cerita ini, Tsubasa Ozora dibesarkan dan bercita-cita menjadi seorang pemain sepak bola profesional di Brasil.

Jumlah penggemar manga ini tersebut bertambah, tak terhitung di seluruh dunia, termasuk sebagian besar pemain profesional sepak bola dunia, seperti Fernando Torres dan Zinedine Zidane. Ketenaran Tsubasa bahkan mencapai Timur Tengah dimana gambar-gambarnya banyak ditempel di truk-truk pengiriman air.

14. JoJo’s Bizarre Adventure (107 volume, 1987-sekarang)

Penjualan: 77 juta eksemplar

Keluarga Joestar diceritakan turun termurun di serial ini. Setiap bab berfokus pada karakter yang berbeda dalam keluarga Joestar dan ceritanya sering melompat dari satu negara ke negara berikutnya.

Serial ini bergenre campuran dengan terus mengubah keterampilan karakter utamanya. Penulisnya, Hirohiko Aaki membuat manga ini menjadi populer dari 1987 hingga sekarang. Wow!

15. Bleach (57 volume, 2001-sekarang)

Penjualan: 78 juta eksemplar

Manga ini menceritakan Tite Kubo dalam dunia okultisme, dunia exorcit Jepang. Ichigo Kurosaki kemudian mendapatkan kekuatan dari shinigami dan iblis jahat.

Cerita ini berkaitan dengan mitologi Asia sehingga mendapat respon yang baik pembaca dari negara lain di luar Jepang. Meskipun manga ini sering kali diidentikkan dengan manga bacaan khusus laki-laki, seri ini ternyata juga populer di kalangan pembaca perempuan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement