Kamis 19 Dec 2013 11:39 WIB

20 Manga Shonen Jump dengan Penjualan Tertinggi (1)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang adalah rumah utama bagi manga. Manga dapat dibeli dimana-mana, mulai dari toko-toko buku hingga pinggiran stasiun.

Di antara banyaknya penerbit manga, Weekly Shonen Jump salah sat yang terbaik. Hal itu terbukti dari jumlah produksi dan penjualan.

Pada era 1990an, popularitas Shonen Jump melonjak dan cerita-cerita manganya mampu merebut hati anak-anak muda Jepang, baik laki-laki dan perempuan.

Shonen Jump bahkan pernah mencetak rekor penjualan cetakan pertama masing-masing manganya hingga enam juta eksemplar, meskipun beberapa tahun terakhir cetakan pertamanya rata-rata hanya terjual tiga juta eksemplar.

 

ROLers, dalam artikel berikut kita akan membahas setidaknya 20 manga Shonen Jump dengan penjualan terbaik sepanjang masa, dilansir dari RocketNews24, Rabu (18/12).

1. Death Note (12 volume, 2003-2006)

Penjualan: 27 juta eksemplar

'Death Note' bercerita tentang sebuah buku yang bisa membunuh siapapun yang namanya ditulis di atasnya. Kisah ini dibungkus dengan pertempuran kecerdasan antara dua tokoh utama, Light Yagami dan L.

2. Yu-Gi-Oh! (38 volume, 1996-2004)

Penjualan: 28 juta eksemplar

Karakter utama manga ini adalah seorang anak bernama Yugi yang mendapatkan puzzle misterius 'milenium puzzle' dari zaman Mesir Kuno. Sejak itu, kepribadiannya berubah menjadi gelap. Dalam fantasi gelap itu, Yugi menghukum para penjahat.

Permainan sihir kartu yang mirip dengan 'Magic: The Gathering' telah menjadi lebih populer dibandingkan serial televisinya sendiri. Bahkan, Guinnes World Record telah menjadikannya salah satu permainan kartu terlaris di dunia.

3. BASTARD!! : Heavy Metal, Dark Fantasy (27 volume, 1998-sekarang)

Penjualan: 30 juta eksemplar

Komik fantasi gelap ini berdasarkan pada tema mitologi dan Alkitab. Tokoh protagonis, Dark Schneider terus bertempur dengan setan dan malaikat. Seksualitas eksplisit dalam manga ini menjadi kontroversial karena sebenarnya manga ini ditujukan untuk anak muda.

4. City Hunter (35 volume, 1985-1991)

Penjualan: 35 juta eksemplar

Serial komedi aksi ini bercerita tentang Ryo Saeba saat dia bekerja sebagai pengawal dan detektif di Shinjuku, Tokyo. Meskipun manga ini ditujukan untuk dewasa, namun ceritanya cocok untuk remaja. Saat ini, seri ini berlanjut dengan judul 'Angel Heart.'

5. Dr Slump (18 volume, 1980-1984)

Penjualan: 35 juta eksemplar

Manga ini menjadi populer di kalangan anak-anak pada masa itu. Cetakan pertamanya mencetak rekor penjualan hingga 2,2 juta eksemplar dan menjadi manga perdana yang edisi pertamanya terjual di atas dua juta kopi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement