Sabtu 07 Sep 2013 09:58 WIB

Gemar Masakan Thailand, Simak Ini Dulu

Rep: Nina Chairani/ Red: Endah Hapsari
Tom yum
Foto: recipe.foohta.com
Tom yum

REPUBLIKA.CO.ID, Ada sejumlah hal yang sering disalahpahami tentang masakan Thailand. Berikut lima di antaranya seperti dilansir dari cnngo.com:

 

1. Masakan apa saja yang dibubuhi kacang giling, jadilah hidangan Thailand

Menambahkan kacang tanah giling tidak otomatis menjadikan masakan sebagai hidangan Thailand. Banyak resep masakan membubuhkan tambahan kacang giling lantas memberi label Thailand, misalnya, pizza Thailand, Thailand cream soup.

 

2. Bumbu Thailand bisa dengan mudah diganti

Kari hijau harus terlihat seperti seharusnya, hijau. Masakan Thailand yang diganti bahan-bahannya sering kali tidak berhasil.

 

3. Masakan Thailand 'autentik' harus pedas

Meskipun tom yam pedas, tak berarti semua masakan Thailand bercita rasa pedas. Penulis kuliner Jarret Wrisley, pemilik Soul Food Mahanakorn, juga menandai kepercayaan di antara orang asing bahwa makanan Thailand yang tidak pedas bukanlah makanan Thailand yang sesungguhnya. "Pedas hanyalah satu komponen masakan, bukan penanda masakan yang bagus," katanya. "Kenyataannya, mudah menyembunyikan kurang lengkapnya bumbu di balik rasa yang sangat pedas."

 

4. Pad Thai adalah Masakan Andalan Thailand

Pad Thai adalah masakan yang enak, namun bukan makanan nasional Negeri Gajah Putih itu. Pad Thai adalah satu dari masakan paling populer di restoran Thailand di seluruh dunia, diciptakan di Thailand dan membawa rasa khas Thailand. Ada juga yang mengatakan, mi goring adalah khas Thailand, yang lain menyebut begitu banyak pengaruh Cina pada masakan Thailand ini. 

 

5. Makanan Thailand disantap pakai sumpit

Sumpit untuk menyantap mi. Banyak masakan mi terkena pengaruh Cina yang memasuki kuliner Thailand dimakan dengan sumpit. Tapi, masakan tradisional Thailand yang hampir selalu dimakan dengan nasi membutuhkan sendok dan garpu, sama penggunaannya dengan di Indonesia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement