Kamis 21 Jan 2016 13:06 WIB

Masakan Thailand Disebut Tersehat di Dunia? Ini Alasannya

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Aneka masakan Thailand
Foto: Megabored
Aneka masakan Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, Tahukah Anda bahwa masakan Thailand adalah salah satu masakan paling sehat di dunia? Di balik tampilannya yang berwarna-warni serta cita rasanya yang lezat dan kuat, bahan alami herbalnya akan menjaga tubuh Anda tetap sehat. 

Berikut ini daftar lima alasan mengapa menu tersebut sangat baik untuk Anda, dilansir Megaboard.

 

1. Selalu menggunakan bahan segar

Kebanyakan orang Thailand tidak suka menggunakan produk olahan sebagai bahan masakan mereka. Mereka lebih memilih daging dan unggas organik, rempah segar, serta buah dan sayur lokal.

 

2. Gizi seimbang

Masakan Thailand penuh dengan nutrisi penting dari kombinasi rempah-rempah, sayuran segar, dan produk hewani atau nabatinya. Selain memanjakan lidah Anda, masakan Thailand juga memasok tubuh dengan gizi seimbang.

 

3. Rempah-rempah eksotis

Orang Thailand senang memasak dengan rempah, terutama bubuk kunyit yang sering digunakan dalam kari. Studi menunjukkan bahwa kunyit mengandung senyawa pelawan kanker dan senyawa anti-inflamasi kuat yang melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. Menu otentik Thailand juga kerap menggunakan rempah cabai merah yang mengandung capsaicin, yang dikenal sebagai pelawan kanker, tumor, serta peradangan.

 

4. Bumbu-bumbu kaya vitamin

Banyak gabungan bumbu herbal dalam setiap hidangan Thailand, baik itu ketumbar, jintan, jahe, kemangi, jeruk, serai, hingga mint. Ketumbar, misalnya, merupakan sumber vitamin A dan C yang secara tradisional digunakan untuk meringankan pencernaan, mencegah kembung, dan menenangkan perut. Kebanyakan hidangan Thai juga dibumbui dengan jintan, yang sarat dengan senyawa anti-inflamasi dan astringent.

 

5. Mempertahankan berat badan ideal

Umumnya, masakan Thai rendah kalori, tinggi antioksidan, dan rendah natrium. Beberapa hidangan tampak berminyak, tapi Anda bisa menggantinya dengan minyak sayur untuk mengurangi kalori. Bahan lokal seperti kunyit, cabai merah, kayu manis, dan jintan yang digunakan dalam menu masakan Thailand juga terkenal karena manfaatnya menurunkan berat badan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement