Jumat 04 Jan 2013 17:01 WIB

Bayi Pelajari Bahasa Ibu Sejak dalam Kandungan

Rep: Nur Aini / Red: Citra Listya Rini
Ibu dan bayi (ilustrasi).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Ibu dan bayi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sejak dalam kandungan, jabang bayi ternyata mulai mendengar suara ibunya. Selama dalam kandungan, jabang bayi sudah mempelajari bahasa ibunya.

Berdasarkan hasil sebuah studi, seorang bayi yang baru lahir ke dunia memiliki kemampuan untuk membedakan bahasa ibu dengan bahasa asing. Janin memiliki mekanisme pendengaran pada usia sekitar 30 pekan. Penelitian tersebut menunjukkan seorang bayi mendengar apa yang ibunya katakan pada 10 pekan terakhir masa kehamilan.

Pada penelitian sebelumnya menunjukkan seorang bayi mulai membedakan antara bunyi bahasa pada bulan pertama kehidupan. Tapi, tidak ada bukti bahwa mereka belajar bahasa di dalam kandungan. 

Profesor Psikologi dari Universitas Pasific Lutheran di Washington, Christine Moon mengatakan hal itu merupakan studi pertama yang menemukan janin telah belajar sebelum lahir. Janin belajar tentang obrolan tertentu dalam bahasa ibunya. 

"Studi ini mendapatkan hasil yang terukur pada suara percakapan yang didengarkan janin usia enam bulan sebelum lahir, " kata Moon seperti dikutip Telegraph, Jumat (4/1).

Penulis dari Lembaga Studi dan Ilmu Otak di Universitas Washington itu mengatakan otak bayi pertama kali dipengaruhi oleh ibunya. Karena suara percakapan ibu merupakan unit yang terdengar paling keras dan didengarkan janin. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement