Ahad 30 Dec 2012 02:20 WIB

Hotel Ini Terbuat dari Garam

hotel dari garam yang berada di kota Bolivia, Amerika Selatan,
Foto: environmentalgraffiti.com
hotel dari garam yang berada di kota Bolivia, Amerika Selatan,

REPUBLIKA.CO.ID, Menginap di hotel kala liburan, tidak harus dihabiskan di hotel yang berkonsep konvensional.

Meski saat ini muncul berbagai hotel yang menawarkan berbagai desain dan pemandangan yang luar biasa, ada saja beberapa hotel yang dibangun dengan konsep yang luar biasa unik, salah satunya hotel dari garam yang berada di kota Bolivia, Amerika Selatan,

Dikutip dari Environmental Gravity, hotel bernama Paya Blanca ini dibuat dengan bahan dasar garam. Terletak di kawasan lembah garam Uyuni, hotel yang dibangun pada tahun 1993 inipun menjadi satu-satunya hotel di dunia yang dibuat berbahan dasar garam.

Garam tidak hanya menjadi bahan dasar hotel ini tapi juga semua perabotan yang ada di dalam hotel. Mulai dari meja, kursi, dan tempat tidur, semuanya dibuat dari garam.

Untuk membuat seluruh bangunan hotel ini, diperlukan sekitar lebih kurang 10 milyar ton garam. Garam yang masih berupa balok, dimanfaatkan sebagai pondasi yang ternyata cukup kuat untuk menjadi bahan dasar hotel secara keseluruhan.

Kawasan lembah garam Uyuni ini berpotensi menghasilkan 10 miliar ton garam setiap tahunnya. Tapi, hanya sekitar 25 ribu ton yang bisa diambil karena sebagain besar material yang terdapat di kawasan ini tercampur juga oleh beberapa mineral lain, seperti lithium dan gipsum.

Meski berada di kawasan lembah garam yang dipenuhi warna putih di sepanjang mata memandang, kita masih bisa menikmati pemandangan gunung-gunbung mini yang tersebar di sekitar kawasan hotel. Pemandangan gundukan-gundukan garam ini, akan langsung tertangkap mata begitu kita membuka jendela selama menginap di Paya Blanca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement