Jumat 14 Dec 2012 00:51 WIB

Faktor yang Bisa Bikin Anak Manja (1)

Ilustrasi
Foto: Parents Indonesia
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manja adalah sikap ingin selalu dipenuhi dan dituruti segala keinginannya. Menurut Psikolog Anak Alzena Masykouri MPsi, salah satu faktor utama yang membuat anak menjadi manja adalah lingkungan atau orang orang yang berada di sekitarnya. 

Alzena menampik anggapan bahwa menggendong bisa membuat anak manja. Justru, menurut dia, menggendong atau memeluk adalah salah satu ekspresi kasih sayang. 

Jangan sepenuhnya menyalahkan si kecil jika dia tumbuh menjadi anak yang manja. Coba simak beberapa hal berikut. Jika Anda sebagai orangtua melakukannya, berarti sudah saatnya untuk mengubah sikap.

Merasa bersalah 

Anda dan suami adalah pasangan bekerja? Perasaan bersalah karena merasa waktu berkualitas yang dihabiskan bersama si kecil sangat kurang, membuat waktu yang tersisa menjadi dibuat sedemikian menyenangkan. Anda melakukan segala cara untuk membuatnya senang, termasuk menuruti segala keinginannya.

Tidak konsisten. 

Walaupun jargon peraturan dibuat untuk dilanggar terdengar familiar, tapi percayalah, sebaiknya jangan lakukan. Misalnya hari ini Anda tidak mengizinkan si kecil minum susu dingin untuk sarapan, keesokan harinya juga jangan memberikannya. 

Kendati dengan pertimbangan bahwa hal itu bisa menenangkan amukannya saat sudah hampir terlambat masuk sekolah. Ini membuatnya berpikir Anda tidak serius dengan peraturan disiplin dan tidak konsistensi.

Bersambung

sumber : Parents Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement