Senin 25 Jul 2016 15:23 WIB

Tujuh Langkah Menjauhkan Anak dari Sifat Manja dan Egois

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Hati-hati memberikan hadiah ke anak karena bisa juga berdampak negatif.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Hati-hati memberikan hadiah ke anak karena bisa juga berdampak negatif.

REPUBLIKA.CO.ID, Tak ada orang tua yang ingin anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang penuntut, egois dan manja. Di sisi lain, orang tua terkadang tak menyadari bahwa beberapa perilaku orang tua justru dapat membentuk anak menjadi sosok yang manja dan egois.

Dalam jangka pendek, anak-anak dengan sifat manja dan egois mungkin akan baik-baik saja. Akan tetapi dalam jangka panjang, anak-anak dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang kesepian, tidak mandiri hingga tidak menghargai jerih payah orang tua dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam membesarkan anak yang bahagia dan jauh dari sifat manja dan egois. Berikut ini tujuh tips dalam membesarkan anak agar terhindar dari sifat manja dan egois menurut Telegraph.

Langkah 1

Biasakan untuk tidak 'menghujani' anak-anak dengan berbagai harta benda sebagai hadiah. Berikan anak hadiah yang paling berharga berupa perhatian dan kasih sayang. Kualitas waktu yang dihabiskan orang tua dan anak akan jauh lebih berharga untuk perkembangan anak.

Langkah 2

Tak jarang orang tua selalu mengabulkan permintaan-permintaan anak mereka. Dari pada langsung mengabulkan permintaan anak, orang tua dapat membantu anak untuk berusaha mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan usaha sendiri. Cara ini dapat mendidik anak mengenai nilai dari sebuah usaha dan juga nilai dari hasil yang anak capai dengan usaha tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement