Sabtu 14 Jan 2012 20:18 WIB

Ini Dia 9 Festival dan Penghargaan Film Terbaik

sundance
Foto: ap
sundance

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah festival film dan penghargaannya mulai dari Sundance Film Festival dan penghargaan bergensi Oscar tahun ini, dalam waktu dekat akan segera digelar. Malah Sundance Film Festival rencananya akan digelar Kamis (19/1) mendatang. Nah, ada berapa sebenarnya penghargaan dan festival film yang layak dijadikan acuan oleh para insan film di seluruh dunia? Sebuah situs www.cheapflights.com telah mengumpulkan daftar 9 festival dan ajang penghargaan terbaik di seluruh dunia.

1. Sundance Film Festival - Park City, Utah, Amerika Serikat

Festival film Sundance Film dimulai pada 1978 lalu. Festival ini sengaja diadakan oleh negara bagian Utah, Amerika Serikat, supaya menarik perhatian para pembuat film untuk menjadikan daerah ini sebagai lokasi syuting film. Setelah berjalan 34 tahun, Sundance Festival menjadi festival film independen terbesar di Amerika Serikat. Setiap tahunnya ratusan film panjang, dokumenter, pendek, hingga animasi ditampilkan disini dan mendapatkan perhatian seluruh dunia.

Tahun ini, festival ini akan berlangsung dari 19-29 Januari di Park City, Utah, dan menampilkan 200 film.

2. Festival Film Internasional Rotterdam, Belanda

Kunjungan wisata ke Belanda lebih banyak ke Amsterdam dibandingkan tetangganya Rotterdam. Untuk menarik perhatian wisatawan, pemerintah kota ini menggelar festival film. Terbukti, festival ini menarik perhatian wisatawan dan juga mendapat sorotan para penggemar film di seluruh dunia. Acara tahun ini akan berlangsung dari 25 Januari - 5 Februari,  dan akan mendapatkan kunjungan wisatawan sebanyak 350 ribu. Uniknya dalam festival ini juga dilombakan iklan dan trailer terbaik.

3. Cannes International Film Festival - Cannes, Prancis

Ini festival dan ajang penghargaan paling bergengsi setelah Academy Award. Biasanya film-film terbaik di festival ini akan menjadi tren baru dalam dunia perfileman. Festival Film Cannes ini menjadi salah satu peristiwa paling menonjol yang diakui oleh seluruh insan perfileman.

Berlokasi di sepanjang pantai indah Riviera Perancis, dengan suhu hangat dan terik sinar matahari yang cukup cerah, plus taburan bintang-bintang film internasional.

4. Guadalajara Festival Film - Guadalajara, Meksiko

Ingin tahu film latin yang berkualitas? simak Guadalajara Festival Film. Ini merupakan acara budaya latin yang paling penting. Menampilkan film-film berbahasa Spanyol dan Portugis.  Berkat Guadalajara Film Festival, film Amerika Latin semakin dikenal dan menjadi rujukan banyak insan perfileman. Berlangsung dari 2-12 Maret, lebih dari 100.000 pecinta film akan membanjiri jalan-jalan dan teater di Guadalajara, melihat hampir 200 film.

5. Rooftop Film - New York, New York, Amerika Serikat

New York City dikenal sebagai tempat pembuatan film terbaik selain Hollywood. Awalnya festival yang diberi nama Rooftop ini adalah rentetan pertunjukan dan diskusi film di atap apartemen seorang mahasiswa film yang baru lulus. Setelah semakin lama semakin banyak, akhirnya pemerintah kota menjadikan kegiatan ini sebagai sebuah kegiatan yang resmi.Festival ini berlangsung pada akhir pekan dari Mei sampai September.

6. Toronto International Film Festival - Toronto, Kanada

Digelar pertama kali pada 1976. Sebagai sebuah festival film independen, Toronto International Film Festival ternyata diperhitungkan banyak kalangan. Biasanya film yang ditayangkan dan mendapatkan penghargaan dari festival ini juga menang di Academy Award. Pemerintah daerah Toronto pun ikut mendukung festival ini sehingga lama kelamaan festival ini menjadi besar dan menjadikan Kanada sebagai kiblat perfileman dunia.

7. Venice International Film Festival - Venice, Italia

Festival ini dimulai pada 1932. Banyak pihak menganggap bahwa festival ini adalah festival tertua di dunia. Diselenggarakan di Pulau Lido sebuah pulau yang dekat dengan kota  Venesia.

8. Hong Kong International Film Festival - Hong Kong, Cina

Perpaduan sempurna antara budaya Asia Timur dan Hollywood. Festival yang digelar di Hong Kong pada 21 Maret-5 April ini menjadi acuan dan tren film di Asia maupun film-film keluaran Hollywood. Tahun ini rencananya akan menampilkan 330 judul film baru dari 50 negara di seluruh dunia.

9. Berlin International Film Festival-Berlin, Jerman

Salah satu festival film paling terkenal di dunia selain Cannes adalah  Berlin International Film Festival (juga dikenal sebagai Berlinale). Festival ini menggabungkan pembuatan film, fashion dan tren terbaru di dunia film, Festival tahun ini akan dimulai pada 9 Februari dan terakhir selama 10 hari.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement