Selasa 08 Oct 2024 10:00 WIB

Kebiasaan Sederhana pada Pagi Hari yang Bisa Memperpanjang Usia, Kata Para Ahli

Berapa pun usia Anda, tidak ada kata terlambat untuk membuat perubahan.

Bangun tidur pada pagi hari (ilustrasi). Ada beberapa kebiasaan sehat pada pagi hari yang dipercaya bisa membuat panjang umur.
Foto: Republika/Mardiah
Bangun tidur pada pagi hari (ilustrasi). Ada beberapa kebiasaan sehat pada pagi hari yang dipercaya bisa membuat panjang umur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cara kita memulai pagi tidak hanya memengaruhi hari-hari lainnya, tetapi juga dapat mengubah hidup kita, terutama dalam hal kesehatan dan umur panjang. Satu studi menunjukkan bahwa menerapkan beberapa kebiasaan baik dipercaya dapat memperpanjang usia hingga 24 tahun.

"Ada periode 20 tahun di mana Anda dapat membuat perubahan ini, baik secara bertahap maupun sekaligus," kata penulis utama studi Xuan-Mai Nguyen, spesialis ilmu kesehatan untuk Program Million Veteran di VA Boston Healthcare System dikutip dari Best Life pada Selasa (8/10/2024).

Baca Juga

"Kami juga melakukan analisis untuk melihat apakah kami menyingkirkan orang-orang dengan diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, stroke, kanker, dan sejenisnya, apakah hasilnya akan berubah? Dan ternyata tidak. Jadi, jika Anda memulai dengan penyakit kronis, membuat perubahan tetap membantu" kata dia lagi.

Berapa pun usia Anda, tidak ada kata terlambat untuk membuat perubahan yang akan memberikan manfaat jangka panjang. Berikut ini kebiasaan pagi sederhana yang dapat memperpanjang usia Anda, menurut para ahli:

1. Tidur

Pentingnya tidur bagi kesehatan dan kebugaran tidak dapat dilebih-lebihkan. Penelitian menunjukkan pria yang cukup tidur, hidup lima tahun lebih lama daripada mereka yang tidak.

"Tidur itu memulihkan," kata ahli jantung Virend Somers, MD, PhD, kepada Mayo Clinic Press.

Selama tidur, otak dan tubuh Anda melakukan banyak tugas penting yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Orang yang tidak cukup tidur terbukti memiliki tekanan darah tinggi. "Begitulah dahsyatnya kurang tidur. Bahkan ketika orang yang kurang tidur dapat tidur nyenyak, tekanan darahnya tetap lebih tinggi," kata dr Somers.

2. Olahraga

Olahraga adalah salah satu faktor perilaku paling signifikan untuk kesehatan dan umur panjang, bahkan latihan kecil pun memberikan manfaat. Berolahraga pada pagi hari adalah hal yang ideal karena Anda sudah melakukannya sejak awal.

“Olahraga pagi membantu mengurangi kemungkinan munculnya kendala,” kata Jasmin Theard, ACSM HFS, kepada Piedmont Health. Saat Anda bangun dan berolahraga, Anda membangun pola pikir yang lebih sehat, yang membuat Anda lebih memperhatikan apa yang Anda makan sepanjang hari.

3. Sarapan sehat 

Diet sangat penting dalam hal umur panjang. Mengonsumsi sarapan yang mengandung banyak protein mendorong rasa kenyang dan dapat membantu mencegah Anda membuat pilihan makanan yang tidak sehat untuk sisa hari itu.

“Mengonsumsi makanan yang kaya protein penting untuk kesehatan otot Anda,” kata Allegra Picano, RDN, kepada Henry Ford Health. Semakin banyak massa otot yang Anda bangun, semakin cepat metabolisme Anda dan semakin mudah untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

4. Jangan merokok

Memulai hari dengan sebatang rokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan. "Merokok menyebabkan kematian dini. Harapan hidup perokok setidaknya 10 tahun lebih pendek daripada bukan perokok. Berhenti merokok sebelum usia 40 tahun mengurangi risiko kematian akibat penyakit terkait merokok sekitar 90 persen," kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

5. Dapatkan sinar matahari dan udara segar

Keluar pada pagi hari menawarkan manfaat kesehatan luar biasa. "Sinar matahari dan/atau cahaya matahari di luar ruangan jelas bermanfaat bagi kesehatan sistem pengaturan waktu sirkadian karena intensitas dan komposisi spektral cahaya yang mengenai mata," kata Moore-Ede.

Dia mengatakan, keluar pada pagi hari membantu mencegah gangguan sirkadian dan dengan demikian mengurangi risiko berbagai penyakit sehingga meningkatkan harapan hidup. "Jadi, sekadar keluar setiap hari, tanpa perlu berjemur atau mengekspos area kulit yang luas, harus menjadi bagian dari rutinitas harian setiap orang. Sebagai nilai tambah, jika Anda melakukannya pada pagi hari, sebelum matahari terbit di siang hari, Anda akan mendapatkan dorongan sirkadian terkuat dan juga meminimalkan risiko kanker kulit," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement