Sabtu 28 Sep 2024 12:11 WIB

Waspada! Penggunaan Hidrokuinon Berlebihan di Skincare Dapat Picu Kanker

Batas maksimal hidrukiuinon dalam skincare adalah 2 persen.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Produk skincare mengandung hidrokuinon (ilustrasi). Penggunaan hidrokuinon dengan kadar tinggi dapat menyebabkan efek jangka panjang salah satunya potensi kanker.
Foto: www.freepik.com
Produk skincare mengandung hidrokuinon (ilustrasi). Penggunaan hidrokuinon dengan kadar tinggi dapat menyebabkan efek jangka panjang salah satunya potensi kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidrokuinon, zat kimia yang sering ditemukan dalam produk pemutih kulit, telah lama menjadi kontroversi. Meskipun disebut dapat memudarkan noda hitam dan mencerahkan kulit, penggunaan hidrokuinon dalam jangka panjang dan dalam kadar tinggi ternyata dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius, salah satunya adalah potensi kanker.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Universitas Indonesia dr Adhimukti T Sampurna SpKK mengatakan penggunaan hidrokuinon dengan kadar tinggi dapat menyebabkan efek jangka panjang salah satunya potensi kanker. "Efek jangka panjang hiperpigmentasi paradoks (ochronosis eksogen), risiko toksisitas (keracunan) dan risiko atau potensi kanker," kata Adhi pada (28/9/2024) Jumat malam.

Baca Juga

Adhi mengatakan batas maksimal hidrokuinon (HQ) dalam skincare adalah 2 persen, namun tetap tidak boleh digunakan dalam jangka panjang dan harus dalam pengawasan dokter. Sementara konsentrasi yang lebih tinggi sampai empat persen atau lebih, biasanya hanya diberikan melalui resep dokter.

Adhi menjelaskan, bahan hidrokuinon biasanya digunakan dalam produk perawatan kulit atau skincare untuk tujuan mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam. "Hidrokuinon bekerja dengan cara menghambat enzim yang berperan dalam produksi melanin, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit. Produksi melanin menurun, membantu menyamarkan atau menghilangkan hiperpigmentasi," ujarnya.

Skincare dengan kandungan hidrokuinon juga biasanya memberi efek pada kulit seperti menghilangkan bintik hitam, melasma, atau bercak abu-abu pada pipi, bekas jerawat atau flek akibat pajanan sinar UV matahari. Namun penggunaan hidrokuinon dalam jangka waktu tertentu dapat memberikan efek negatif pada wajah, terlebih jika kadarnya berlebihan.

Adhi mengatakan dalam jangka pendek, kulit bisa menjadi iritasi, kemerahan atau menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. "Penggunaan hidrokuinon jangka pendek yaitu iritasi kulit, kemerahan, kulit kering mengelupas, peningkatan sensitivitas terhadap sinar UV matahari, dermatitis kontak alergik," katanya.

Maka itu, penting untuk mencari skincare yang aman dan tidak memiliki kandungan hidrokuinon. Ciri produk dengan hidrokuinon yang bisa diperhatikan adalah bila dibiarkan dalam udara luar menjadi reaksi teroksidasi kemudian warnanya berubah kecoklatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement