Selasa 11 Jun 2024 14:44 WIB

Dokter RSCM Ungkap Beberapa Jenis Obat Ini Bikin Tulang Cepat Rapuh

Orang yang mengonsumsi obat semacam itu perlu menjalani pemeriksaan kepadatan tulang.

Seorang karyawan menunggu pelanggan di apotek di Jakarta.
Foto: AP Photo/Tatan Syuflana
Seorang karyawan menunggu pelanggan di apotek di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dokter spesialis ortopedi konsultan dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana menyampaikan bahwa ada beberapa jenis obat yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan tulang menjadi lebih cepat rapuh.

Dalam diskusi kesehatan yang diikuti via daring di Jakarta, Selasa (11/6/2024), dr Ifran Saleh SpOT(K) dari RSCM Kencana mengemukakan bahwa obat steroid, obat penenang, dan obat kemoterapi bisa membuat tulang cepat rapuh apabila dikonsumsi dalam waktu lama.

Baca Juga

"Steroid, obat yang dipakai kalau asma, orang-orang gangguan imun, atau lupus, atau sakit rematik karena peradangan artritis, juga orang-orang yang konsumsi obat penenang, kalau jangka panjang bisa bikin tulang rapuh, atau obat lain yang buat tulang rapuh obat kemoterapi kanker, tapi konsumsi itu kalau sudah bulanan," katanya.

Menurut dia, orang-orang yang sering mengonsumsi obat-obatan semacam itu perlu menjalani pemeriksaan kepadatan tulang menggunakan alat Bone Mineral Densitometry (BMD) untuk mengetahui apakah kepadatan tulang mereka menurun.

Orang yang mengonsumsi obat steroid dan obat penenang disarankan menjalani pemeriksaan kepadatan tulang. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan kepadatan tulangnya normal maka selanjutnya tidak perlu menjalani pemeriksaan lagi selama tidak ada keluhan.

Jika menurut pemeriksaan kepadatan tulangnya menurun... Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

photo
Infografis Asma dan Bahaya Obat Jenis SABA - (Republika)

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement