Senin 10 Jun 2024 11:25 WIB

Apoteker bukan Sekadar Penjaga Toko Obat

Apoteker memiliki peran krusial dalam memastikan kesehatan masyarakat.

Apoteker memasang pengumuman penghentian penjualan obat sirop, terkait isu anak-anak terkena penyakit ginjal akut. Apoteker memiliki peran penting tak sekadar penjaga toko obat. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Apoteker memasang pengumuman penghentian penjualan obat sirop, terkait isu anak-anak terkena penyakit ginjal akut. Apoteker memiliki peran penting tak sekadar penjaga toko obat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apoteker, profesi yang identik dengan obat dan pelayanan kesehatan, seringkali disalahpahami perannya. Di balik baju putih dan keahlian mereka dalam mengelola obat, apoteker memiliki peran krusial dalam memastikan kesehatan masyarakat.

Apoteker bukan hanya ahli obat, tapi juga mitra terpercaya bagi pasien dan tenaga kesehatan lainnya. Mereka memiliki pengetahuan luas tentang obat, mulai dari cara kerja, efek samping, hingga interaksi antarobat.

Baca Juga

Berikut keahlian yang dimiliki apoteker terkait kesehatan masyarakat:

1. Memastikan keamanan dan efektivitas obat: Apoteker bertugas memastikan obat yang diresepkan dokter sesuai dengan kondisi pasien, aman dikonsumsi, dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

2. Memberikan edukasi obat: Apoteker memberikan edukasi kepada pasien tentang cara penggunaan obat yang benar, termasuk dosis, waktu minum, dan penyimpanan obat.

3. Memantau terapi obat: Apoteker memantau efektivitas terapi obat dan membantu pasien mencapai tujuan pengobatan.

4. Menyediakan layanan konseling: Apoteker menyediakan layanan konseling terkait kesehatan dan penggunaan obat, termasuk membantu pasien berhenti merokok atau mengelola penyakit kronis.

5. Bekerja sama dengan tenaga kesehatan lainnya: Apoteker berkolaborasi dengan dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi pasien.

photo
Seorang apoteker mengambil sirup untuk anak-anak dari rak, terkait isu cedera ginjal akut tahun ini. - (EPA-EFE/BAGUS INDAHONO)

Peran apoteker di berbagai bidang

Peran apoteker tidak hanya terbatas pada pelayanan di apotek. Keahlian mereka dibutuhkan di berbagai bidang, seperti:

- Industri Farmasi: Apoteker berperan dalam pengembangan, produksi, dan pengujian obat.

- Rumah Sakit: Apoteker di rumah sakit mengelola obat-obatan pasien rawat inap dan rawat jalan, serta memberikan edukasi obat kepada pasien dan keluarga.

- Puskesmas: Apoteker di puskesmas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk edukasi kesehatan, skrining kesehatan, dan konseling obat.

- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM): Apoteker di BPOM berperan dalam memastikan keamanan, kualitas, dan khasiat obat yang beredar di masyarakat.

Seperti dalam situs resmi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), pafikupang.org, apoteker memiliki peran penting dan multidimensi dalam sistem kesehatan. Mereka bukan hanya penjaga obat, tapi juga mitra terpercaya bagi pasien dan tenaga kesehatan lainnya. Dengan keahlian dan dedikasinya, apoteker berkontribusi dalam mewujudkan kesehatan yang optimal di masyarakat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement