Selasa 21 May 2024 18:00 WIB

Kondisi Klub Burning Sun Setelah Skandalnya Terungkap

Pusat dari skandal ini adalah klub Burning Sun yang dipimpin Seungri eks Bigbang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Jung Joon-young berbicara di depan publik sebelum diperiksa oleh kepolisian terkait skandal Burning Sun di Korea Selatan.
Foto: AP
Jung Joon-young berbicara di depan publik sebelum diperiksa oleh kepolisian terkait skandal Burning Sun di Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Skandal Burning Sun sekali lagi menjadi berita utama setelah BBC merilis film dokumenter mengenai masalah ini pada 19 Mei 2024. Pusat dari skandal ini adalah klub Burning Sun yang dipimpin oleh mantan anggota Bigbang, Seungri.

Ternyata, tempat tersebut merupakan sarang prostitusi dan juga merupakan tempat terjadinya molka (pembuatan film ilegal), penyalahgunaan narkoba, dan tindakan kekerasan seksual lainnya. Saat dibuka, Burning Sun merupakan klub terbesar di Gangnam dan klub paling bergengsi di Korea Selatan. Meskipun dulunya menampilkan interior dan eksterior mewah yang dipenuhi pengunjung pesta, kini tempat ini menjadi gurun pasir.

Baca Juga

Koreaboo mengupas kondisi terkini keadaan klub tersebut antara dulu dan sekarang:

1. Pintu masuk

Klub ini terletak di dalam hotel Le Méridien. Pintu masuknya berupa lengkungan terang berwarna kuning yang mengarah ke bawah tanah, dengan tanda merah mencolok menandai namanya.

Pria dan wanita mengantre berjam-jam untuk mendapatkan kesempatan memasuki klub ini. Sekarang, meskipun struktur tiga lengkung di Yeoksam, Gangnam, masih berdiri, namun jelas sudah ditinggalkan.

2. Lantai dansa

Klub malam Burning Sun adalah sebuah tempat besar yang mencakup lantai basement untuk EDM, lantai kedua untuk hip hop, ruang VIP, 60 meja VIP di dekat kotak DJ dan panggung, serta lantai dansa yang luas.

Lantai dansa itu bisa menampung hingga 1.000 tamu sekaligus. Sekarang, itu menjadi seperti gurun dengan puing-puing dan debu berserakan.

3. Ruang VIP

Film dokumenter tentang Burning Sun dimulai dengan klip ruang rahasia yang tersembunyi di bawah Burning Sun. Interiornya tidak pernah dipublikasikan saat klub masih beroperasi, dan sekarang menjadi ruang kosong menakutkan yang masih diwarnai dengan dinding merah.

VIP membayar lebih dari 75 ribu dolar AS untuk memesan meja. Sebagai bagian dari paket ini, mereka memiliki akses ke area khusus hanya untuk tamu dengan bayaran tinggi seperti mereka, di mana mereka dapat meminta tamu wanita menarik di lantai dansa untuk dibawa ke sisi mereka.

4. Ruang tersembunyi

Lebih dalam lagi, di dalam klub terdapat ruang tersembunyi yang dilindungi oleh beberapa penjaga, untuk memastikan bahwa para VIP dapat melakukan apapun yang mereka inginkan di dalam. Di sinilah perempuan diberi obat-obatan pemerkosaan dan diminum di luar kemauan mereka.

5. Kamar mandi merah

Terakhir, kamar mandi merah yang terkenal juga ditampilkan dalam film dokumenter BBC. Hal ini menjadi viral di situs-situs porno ketika klub masih buka, terutama video-video pemerkosaan terhadap perempuan-perempuan yang dibius.

Kata kunci termasuk “Burning Sun VIP”, “Burning Sun Room Bathroom”, Burning Sun Club VIP”, dan lainnya, terlihat pada daftar pencarian trending di situs dewasa Korea. Klub malam Burning Sun buka dari Februari 2018 hingga Februari 2019.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement