Kamis 25 Apr 2024 19:02 WIB

Dokter: Peran Keluarga Penting untuk Dukung Individu dengan Autisme dan Kebutuhan Khusus

Dukungan ini meliputi pemahaman akan gaya komunikasi, dari rekan kerja hingga atasan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Anak bermain dengan balok sason (ilustrasi). Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Neurologi, Hardiono D Pusponegoro menekankan pentingnya peran keluarga dalam mendukung individu yang memiliki autisme.
Foto: Dok. Freepik
Anak bermain dengan balok sason (ilustrasi). Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Neurologi, Hardiono D Pusponegoro menekankan pentingnya peran keluarga dalam mendukung individu yang memiliki autisme.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Neurologi, Hardiono D Pusponegoro menekankan pentingnya peran keluarga dalam mendukung individu yang memiliki autisme atau kebutuhan khusus lainnya. Meskipun terdapat tantangan, dengan dukungan dan kesempatan yang tepat, individu dengan kondisi ini dapat berkontribusi secara signifikan dalam masyarakat.

“Pendekatan dan dukungan kepada individu yang memiliki autisme dan kebutuhan khusus lain harus dimulai dari lingkungan pertama, yaitu keluarga,” kata dr Hardiono dalam jumpa pers Special Kids Expo (SPEKIX) 2024 di Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga

Menurut dr Hardiono, fondasi yang tepat dan kuat perlu dipupuk di lingkungan keluarga agar individu dengan autisme atau kebutuhan khusus lainnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Keluarga memiliki peran krusial dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter individu tersebut.

Dukungan ini meliputi pemahaman akan gaya komunikasi, dukungan dari rekan kerja, atasan, atau mentor, serta lingkungan kerja yang inklusif dan terbuka. Selain itu, melibatkan keluarga dalam proses pendidikan dan kesadaran masyarakat menjadi langkah penting menuju inklusi sosial yang lebih baik bagi individu dengan autisme dan kebutuhan khusus lainnya.

Zally Zarras Learning Center dan Yayasan Drisana mengadakan Special Kids Expo (SPEKIX) 2024 dengan tema #LoveUnitesSpekix / Love and Kindness Unite - Illuminating the path to Inclusion and Equality. Acara ini diselenggarakan pada 11 – 12 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), dengan menyajikan rangkaian agenda inklusif yang tidak berbayar dan terkurasi untuk umum.

Steering Committee SPEKIX 2024, yang dipimpin oleh dr Sri Hartati Sutowo, telah mengumumkan kembalinya acara SPEKIX untuk 2024 dengan tema yang menginspirasi, Love and Kindness Unite - Illuminating the path to Inclusion and Equality. Ini menandai komitmen mereka untuk memperjuangkan hak-hak individu dengan kebutuhan khusus, termasuk mereka yang hidup dengan autisme, kesulitan belajar, serta memberikan kesempatan yang setara bagi mereka untuk berkembang secara optimal.

Autisme, yang ditandai dengan gangguan fungsi sosial dan komunikasi, seringkali memiliki gejala yang bervariasi. Dengan pendekatan yang tepat, dukungan yang sesuai, dan lingkungan kerja yang inklusif, banyak individu dengan autisme dapat menjadi pekerja yang produktif dan berdedikasi. Bahkan, beberapa karakteristik khusus yang dimiliki oleh banyak individu dengan autisme dapat menjadi kelebihan di beberapa bidang pekerjaan.

SPEKIX 2024 bertujuan mendukung komunitas terkait dan masyarakat umum dalam mendapatkan akses informasi terkini seputar isu-isu yang berkaitan dengan kebutuhan khusus. Dengan mengusung empat kategori (anak, remaja, dewasa, dan profesional) dan empat konten utama (kesehatan, pendidikan, pengembangan, dan pendukung), acara ini menjadi wadah penting bagi orang tua, pendidik, praktisi, dan semua pihak yang peduli terhadap inklusi dan kesetaraan bagi individu dengan kebutuhan khusus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement