Ahad 21 Apr 2024 05:01 WIB

Viral Bayi Dua Hari Meninggal Setelah Diurut Sang Buyut, Pencernaannya Disebut Tersumbat

Umur berapa bayi mulai aman dipijat?

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi dipijat oleh ibunya (Ilustrasi). Secara umum, pijat bayi baru bisa dilakukan saat si kecil berusia empat hingga enam pekan.
Foto:

4. Teknik lembut

Pijatan lembut merupakan kunci penting dari teknik memijat bayi yang aman. Jangan memberikan tekanan yang terlalu kuat ketika memijat bayi. Pijatan pada bayi juga sebaiknya dilakukan oleh orang-orang yang sudah terlatih dan tersertifikasi.

5. Lihat respons bayi

Jangan lupa untuk memantau reaksi bayi ketika dipijat. Bila bayi tampak tidak nyaman atau gelisah, sebaiknya hentikan pijatan. Mewaspadai respons bayi penting dilakukan karena bayi memiliki cara yang unik untuk mengomunikasikan perasaan mereka.

6. Durasi singkat

Pijat bayi sebaiknya dilakukan dengan sesi yang singkat, sekitar 5-10 menit. Bila bayi sudah mulai terbiasa dengan pijatan, durasi ini bisa diperpanjang secara bertahap.

7. Hindari area rentan

Saat memijat bayi, hindari atau waspadai area-area yang rentan pada tubuh bayi. Area-area rentan ini mencakup fontanelle atau bagian lunak di kepala bayi, mata, telinga, dan area genital.

8. Kenyamanan pascapijat

Setelah dipijat, berikan waktu kepada bayi untuk relaksasi atau bahkan tidur siang. Jangan lupa untuk memberikan pelukan ekstra agar bayi merasa nyaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement