Rabu 17 Apr 2024 17:11 WIB

Cara Kembalikan Pola Tidur Setelah Ramadhan

Selama Ramadhan, pola tidur berubah karena sahur dan ibadah di malam hari.

Seorang wanita tidur menggunakan penutup mata atau masker mata (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menormalkan pola tidur selepas Ramadhan.
Foto:

Hermawan menyampaikan bahwa tubuh manusia memiliki pengingat otomatis atau "alarm" internal. Sebagai contoh, orang Muslim yang biasa bangun pukul 04.00 atau 05.00 pagi untuk menunaikan sholat Subuh punya semacam alarm alami untuk bangun pada waktu-waktu tersebut.

Menurut Hermawan, membiasakan diri bangun pagi dapat membantu memulihkan pola tidur ke kondisi normal. ​​​​​​​Selain itu, pemenuhan kebutuhan nutrisi dan pengelolaan stres juga memudahkan upaya untuk memulihkan pola tidur yang sempat berubah selama bulan puasa.

"Yang penting diperhatikan adalah tidur berkualitas itu tidur pada lima sampai delapan jam. Kalau badan kita nanti menerima nutrisi dengan baik, pola pikirnya juga baik, artinya tidak dalam keadaan stres, itu biasanya akan cepat dan tidak ada masalah untuk kembali kepada tidur yang berkualitas dan normal," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement