Senin 15 Apr 2024 18:55 WIB

Komentar Ryeowook Super Junior Soal Nyanyi Live Muncul Lagi di Tengah Festival Coachella

Ryeowook Super Junior menegur produser musik yang memaksa artis bernyanyi live.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Anggota Super Junior, Ryeowook. Komentar Ryeowook tentang pertunjukan live artis K-pop muncul kembali di tengah pertunjukan K-pop Coachella baru-baru ini.
Foto: tangkapan layar Instagram @ryeo9ook
Anggota Super Junior, Ryeowook. Komentar Ryeowook tentang pertunjukan live artis K-pop muncul kembali di tengah pertunjukan K-pop Coachella baru-baru ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia K-pop pernah dihebohkan oleh pernyataan produser acara Music Core MBC, Park Hyun-seok, pada 2014 yang berusaha untuk membatasi penggunaan lip-sync dalam pertunjukan. Reaksi dari para musisi pun tidak terelakkan. Park menyalahkan penyanyi yang tidak menggunakan suara asli mereka.

Komentar Ryeowook tentang hal itu muncul kembali di tengah pertunjukan K-pop Coachella baru-baru ini. Meskipun pengumuman ini disambut baik oleh sebagian besar penggemar, beberapa artis, termasuk Ryeowook, menyatakan ketidakpuasan atas keputusan tersebut.

Baca Juga

Penyanyi Ryeowook dari Super Junior secara terbuka menegur Park, dengan menyoroti bahwa acara seperti Music Core tidak berinvestasi banyak dalam meningkatkan kualitas sistem suara untuk mendukung penampilan live para artis. Dia menganggap tindakan memaksa idola untuk bernyanyi live sebagai penyalahgunaan kekuasaan oleh produser acara.

Melalui platform media sosial, Ryeowook menekankan bahwa kualitas sistem suara sama pentingnya dengan penampilan visual dalam sebuah pertunjukan. Dia mencatat bahwa produser acara seperti Park seharusnya fokus pada peningkatan infrastruktur suara untuk mendukung penampilan live, bukan hanya menyalahkan artis atas penggunaan lip-sync.

“(Acara musik) untuk memaksa penyanyi idola, yang pastinya berpusat pada penampilan, untuk bernyanyi secara live sementara mereka tidak melakukan apa pun untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri dengan sistem suara,” kata Ryeowook, dilansir Koreaboo, Senin (15/42/2024).

Ketika reaksi berlanjut, Park mengklarifikasi bahwa tujuan utamanya adalah untuk melihat para idola fokus pada peningkatan keterampilan vokal mereka. Namun, Ryeowook menunjukkan bahwa menyanyi live bukan masalah bagi Super Junior, seperti yang ditunjukkan dalam penampilan khusus mereka di Music Core setelah kontroversi itu.

Penampilan khusus Super Junior pada 30 Agustus 2014 tetap menjadi legenda di kalangan penggemar K-pop, karena menunjukkan keterampilan vokal luar biasa para anggota, termasuk Ryeowook. Video penampilan ini viral di media sosial, dengan banyak penggemar mengapresiasi kemampuan vokal grup tersebut.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement