Selasa 09 Apr 2024 14:35 WIB

Panda Fu Bao Bakal Dikawinkan, Calon Pasangannya Dibilang 'Jelek' oleh Warganet Korea

Panda jantan yang akan dikawinkan dengan Fu Bao dapat body shaming warganet Korea.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Panda Fu Bao. Fu Bao telah dipulangkan ke China dari Korea Selatan untuk dikawainkan. Panda jantan yang diduga bakal dikawinkan dengan Fu bao viral di medsos. Warganet Korea seolah tak merestuinya.
Foto: EPA-EFE/Chung Sung-Jun
Panda Fu Bao. Fu Bao telah dipulangkan ke China dari Korea Selatan untuk dikawainkan. Panda jantan yang diduga bakal dikawinkan dengan Fu bao viral di medsos. Warganet Korea seolah tak merestuinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panda lucu Fu Bao yang banyak dicintai oleh warga Korea Selatan telah kembali pulang ke China. Sejumlah ahli meyakini bahwa Fu Bao sedang dipersiapkan untuk kawin pada tahun depan.

Fu Bao merupakan panda yang lahir di Korea Selatan dan berhasil merebut hati banyak warga lokal. Oleh karena itu, kepulangan panda betina tersebut ke China diiringi oleh air mata warga Korea Selatan.

Baca Juga

Tak lama setelah Fu Bao kembali ke China, beredar foto panda jantan yang dikabarkan akan menjadi pasangan kawin Fu Bao pada tahun depan. Foto tersebut memperlihatkan seekor panda yang sedang duduk sambil menggenggam bambu.

Panda tersebut terlihat sedikit kotor. Bagian bulunya yang berwarna putih terlihat dipenuhi noda cokelat seperti tanah.

Melihat foto calon pasangan Fu Bao, warganet Korea Selatan berbondong-bondong mencela panda jantan tersebut di media sosial. Tak sedikit warganet yang secara terang-terangan mengaku kecewa terhadap penampilan calon pasangan Fu Bao.

Beberapa warganet menyebut calon pasangan Fu Bao terlihat buruk rupa. Ada pula warganet yang menganggap calon pasangan Fu Bao terlihat terlalu tua. Bahkan, seorang warganet menyebut Fu Bao dan calon pasangannya terlihat seperti seorang putri yang disandingkan dengan pengemis.

"Dia terlihat seperti seorang lelaki tua. Rasanya seperti kita mengirim Putri Fu untuk menikahi lelaki tua," ungkap seorang warganet, seperti dilansir Allkpop pada Selasa (9/4/2024).

Namun, tak sedikit pula yang memberikan pembelaan untuk panda jantan yang diduga akan menjadi calon pasangan Fu Bao. Seorang warganet misalnya, menjelaskan bahwa calon pasangan Fu Bao tersebut sempat tinggal di Prancis dan sangat dicintai di sana.

"Nama panggilannya adalah Pangeran Kecil... Dia sangat dihargai oleh orang-orang Prancis, sama seperti orang-orang Korea mencintai Fu Bao... Jadi, jangan berbicara buruk mengenai dirinya," tulis seorang warganet lain.

Sejumlah warganet juga menyatakan bahwa dia melihat sosok calon pasangan Fu Bao sebagai panda yang menggemaskan. Warganet tersebut menyatakan bahwa calon pasangan Fu Bao tidak kalah lucu dan tampak serasi bila disandingkan dengan Fu Bao.

Di sisi lain, beberapa orang menyampaikan keheranan mereka terhadap sikap sebagian warganet Korea Selatan. Mereka tidak menyangka bila sebagian warganet Korea Selatan bisa mengkritik seekor hewan hanya karena penampilannya.

"Wow, orang-orang sekarang mengkritik wajah hewan juga? Orang-orang yang gila," kritik warganet.

Fu Bao merupakan panda pertama yang lahir melalui proses kembang biak alami di Korea Selatan pada 2020. Fu Bao lahir dari pasangan panda yang dipinjamkan oleh China kepada Korea Selatan pada 2016.

Selama hidup di Korea Selatan, Fu Bao mendapatkan banyak cinta dari warga lokal. Interaksi menggemaskan antara Fu Bao dan petugas penjaganya, yaitu "kakek" Kang Cheol-won dan "kakek" Song Young-kwan membuat popularitas Fu Bao semakin meroket.

Namun seperti panda-panda lain di berbagai belahan dunia, Fu Bao merupakan panda milik China meski dilahirkan di Korea Selatan. Hal ini telah diatur dalam Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora.

Berdasarkan aturan tersebut, anak-anak panda yang dilahirkan di luar China harus dipulangkan ke negeri Tirai Bambu tersebut sebelum mencapai usia empat tahun, seperti dilansir Korea Herald pada Selasa (9/4/2024). Oleh karena itulah, menjelang usianya yang keempat tahun, Fu Bao dipulangkan kembali ke China beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement